WhatsApp Error? Coba 7 Langkah Ini

0
80
WhatsApp Error memang akan memunculkan kekesalan tersendiri, kamu bisa melakukan langkah ini untuk membuatnya kembali normal
WhatsApp Error memang akan memunculkan kekesalan tersendiri, kamu bisa melakukan langkah ini untuk membuatnya kembali normal

Agreatportal.com, Sebagai aplikasi chatting populer yang banyak digunakan oleh masyarakat secara global, WhatsApp error memang kerap terjadi. Ada yang error secara massal, ada juga yang hanya error di aplikasi pada ponsel sendiri.

Masalah yang muncul bisa berupa pesan WhatsApp yang tidak terkirim atau pending, pesan dari teman ngobrol tidak diterima, dan permasalahan-permasalahan lainnya yang bikin kesal.

Kalau sudah begini, kamu akan mulai panik dan kesulitan mencari penyebab errornya aplikasi yang ada di smartphone kamu. Ada beberapa penyebab yang membuat munculnya permasalahan tersebut, seperti jaringan internet yang tidak bagus, kapasitas ponsel yang tidakk mendukung, adanya aplikasi lain yang mengganggu, hingga masalah dari aplikasi WhatsApp sendiri.

7 Langkah agar WhatsApp Error kembali normal
7 Langkah agar WhatsApp Error kembali normal

Agar kamu tidak kesal hanya karena permasalahan tersebut, kamu bisa mengatasi permasalahan WhatsApp error ini dengan beberapa langkah berikut ini.

Pastikan dan Periksa Jaringan Internet

Langkah pertama dan paling utama yang harus kamu periksa adalah jaringan internet. Pastikan jaringan internet yang digunakan baik-baik saja agar pesan bisa tetap diterima atau tidak pending.

Pastikan bahwa jaringan internet di ponsel kamu tetap stabil dengan mengunci jaringan 4G LTE agar kecepatan internet kamu tetap tinggi. Pesan WhatsApp kamu tidak pending lagi deh.

Coba dengan Mengaktifkan Mode Pesawat

Gak perlu panik dan khawatir jika langkah pertama masih belum berhasil. Karena masiih ada cara selnajutnya untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp error kamu. Cobalah untuk menyalakan dan mematikan mode pesawat (airplane mode) di pengaturan yang ada di smartphone kamu. Cara ini untuk restart semua jaringan yang terhubung dengan smartphone kamu. Coba berkali-kali hingga jaringan internet kamu kembali stabil dan pesan WhatsApp diterima. Biasanya beberapa saat setelah mematikan dan menghidupkan mode pesawat kamu sudah bisa mengakses internet lagi.

Periksa Penghemat Daya Android

Smartphone khususnya android memiliki fitur penghemat daya yang akan menyala secara otomatis jika smartphone kamu akan kehabisan baterai. Kekurangannya, fitur ini akan membuat beberapa notifikasi pada aplikasi tidak masuk atau pending demi menghemat baterai. Ini juga berpengaruh pada aplikasi WhatsApp.

Untuk mengatur fitur ini, kamu bisa masuk pada menu setting >> Battery >> Battery Saver lalu matikan toggle jika aktif. Langkah mudah lainnya, pada notification bar kamu langsung tap pada ikon baterai.

Uninstall Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi pembersh RAM berfungsi untuk menjaga kecepatan smartphone. Bisa jadi pesan WhatsApp tidak masuk karena adanya aplikasi ini. Aplikasi pembersih RAM membersihkan berbagai aplikasi Android yang sedang berjalan di background. WhatsApp merupakan aplikasi yang berjalan di background karena berfungsi menerima pesan, bisa saja aplikasi pembersih RAM sengaja menutup aplikasi WhatsApp.

Jika pembersih RAM ini mengganggu masuknya pesan whatsApp, kamu bisa segera uninstallnya. Sehingga pesan WhatsApp kamu bisa kembali normal.

Bersihkan Cache pada Aplikasi

Aplikasi WhatsApp dijamin menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna smartphone di era sekarang. Tentu saja akan semakin banyak cache yang menumpuk pada aplikasi WhatsApp nya.

Cache merupakan data yang disimpan sementara untuk mempercepat proses sebuah aplikasi. Banyaknya cache bisa membut WhatsApp error sehingga membuat pesan yang dikirim atau diterima menjadi tertunda atau pending.

Penting untuk membersihkan cache WhatsApp dengan cara ke menu Setting >> Apps & notifications >> WhatsApp >> Storage >> Clear cache. Tinggal menunggu beberapa saat, WhatsApp kamu akan kembali menerima pesan.

Hapus dan instal kembali

Jika beberapa langkah di atas masih belum bisa mengatasi masalah WhatsApp kamu yang error, kamu bisa mencoba menghapus aplikasi WhatsApp lalu kembali menginstalnya. Ada kemungkinan aplikasi chatting yang kamu gunakan perlu diupgrade ke versi terbaru agar proses pengiriman pesan kamu semakin lancar. Cara ini juga bisa membuat aplikasi WhatsApp kamu serasa seperti baru lagi.

Bersihkan Data Aplikasi WhtasApp

Cara lain untuk mengembalikan WhatsApp kamu menjadi normal, kamu bisa menghapus dan membersihkan data aplikasi WhatsApp dengan melakukan back up terlebih dahulu agar data yang penting tidak ikut terhapus. Dengan membersihkan data aplikasi, aplikasi WhatsApp kamu akan seperti baru lagi deh. Caranya mudah, pergi ke menu setting > Apps & notifications >> WhatsApp >> Storage >> Clear Data.

Jika semua langkah ini sudah kamu lakukan tetapi tetap saja WhatsApp error, maka ini terjadi secara massal, bukan hanya terjadi pada ponsel kamu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here