Wakaf Produktif dan Upaya Pengentasan Masalah Kemiskinan

0
73
wakaf
wakaf

Agreatportal.com, Banyak cara yang bisa dilakukan khususnya pemerintah diseluruh dunia dalam meningkatkan pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan yang terjadi. Beberapa caranya adalah melalui zakat dan wakaf yang tersedia dan diatur pemerintah atau melalui asuransi syariah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI), Hamdan Zoelva mengatakan, jika permasalahan kemiskinan bukan hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga terjadi di seluruh dunia khususnya negara-negara yang tengah mengalami konflik. Kehidupan masyarakat di negara tersebut makin sulit dan kondisinya memprihatinkan karena konflik yang tidak berkesudahan. Di Indonesia walau telah mengalami peningkatan, namun masalah kesenjangan sosial dan kemiskinan menjadi perhatian utama.

Dalam suatu acara yang membhas soal peran strategis wakaf dalam pengentasan kemiskinan, Faisal Basri menyebutkan jika kemiskinan absolut terjadi di desa-desa sebesar 60 persen. Hal ini karena kegiatan utama di desa adalah pertanian, jadi akar kemiskinan terjadi di sektor pertanian. Menurutnya, penyebabnya adalah ketidakmampuan masyarakat dalam pengelolaan bahan baku. Masyarakat biasanya hanya menjual bahan baku atau barang mentahnya saja sehingga tidak mendapatkan nilai tambah.

Faisal Basri ketika berbicara di acara yang membahas peran strategis wakaf untuk pengentasan kemiskinan.

Kondisi ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah produktivitas pertani rendah kerena waktu kerja petani yang terbatas antara menanam hingga panen. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan produktivitas petani ketika mereka sedang menunggu waktu panen. Misalkan, petani bisa mengolah cabai menjadi kripik, seperti halnya yang terjadi di Sumatera Barat, sembari sang kepala keluarga pergi ke sawah, istrinya bisa mengolah kripik untuk dijual.

Pengelolaan wakaf yang diberikan oleh umat haruslah dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian umat kembali. Wakaf usai diserahkan ke umat tidak hanya berdiam diri, namun tetap bergerak serta produktif memberikan hasil untuk umat itu sendiri.

Filantropi dalam Islam seperti, zakat, wakaf, infak, dan sedekah bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah umat dan kemanusian, dengan mengembangan dana wakaf yang baik bisa menjadi salah satu alat yang efektif dalam pengentasan permasalahan kemiskinan.

Wakaf merupakan alat yang diberikan Yang Mahakuasa sebagai solusi untuk mengatasi kemiskinan. Lalu bagaimana manfaat dari wakaf dapat mengalir ke umat ? Menurut Mantan Ketua Hipmi Lampung, Rahmat Mirzani Djausal, semangat utama yang harus ditanamkan dalam mengelola wakaf adalah cara bagaimana wakaf yang sudah diterima dapat memberikan manfaat untuk umat lainnya dan umat yang memberikan wakaf. Untuk itu, Ia mendorong pemanfaatan wakaf produktif.

Wakaf yang dianggap produktif dengan cara melakukan kemorsialisasi positif yang dananya berasal dari wakif (orang yang memberikan wakaf) yang nantinya akan menghasilkan nilai tambah secara ekonomi untuk lembaga yang diberikan dana tersebut.

Pemanfaatan wakaf secara produktif yang berupa benda bergerak seperti uang dan logam, ataupun benda tidak bergerak seperti tanah dan bangunan dapat menjadi sumber dana yang abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat.

Rahmat mengatakan, jika pengelolaan wakaf ini berjalan dengan baik, dirinya merasa optimis akan manfaat yang dihasilkan dapat membantu kesulitan dan masalah umat secara ekonomi, dan bisa membantu pembiayaan dan penyediaan pendidikan serta layanan kesehatan yang berkualitas.

Pemerintah tentunya memiliki peranan dalam mengelola zakat dan wakaf. Perannya yaitu sebagai regulator, sebagai pihak yang menyiapkan aturan-aturan serta petunjuk atas tata cara pelaksanaan pengelolaan zakat dan wakaf sebagai jabaran dari kententuan syari’ah dan undang-undang.

Selanjutnya, pemerintah juga berperan menjadi motivator pelakaksanaan, dengan memberika berbagai program sosialisasi dan orientasi secara langsung maupun dengan melakukan kerja sama dengan pihak lain yang terkait. Peran lainnya juga adalah sebagai fasilitator yang menyiapkan berbagai fasilitas penunjang operasional yang baik. Pemfasilitasan pengelolaan zakat dan wakaf dimaksudkan agar pengelolaan jauh lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here