Update Klasemen Hingga Jadwal MotoGP 2019, Marquez Kembali ke Puncak Klasemen

0
78
Jadwal motoGP 2019 selanjutnya di Sirkuit Le Mans, Prancis
Jadwal motoGP 2019 selanjutnya di Sirkuit Le Mans, Prancis

Agreatportal.com, Jadwal MotoGP 2019 yang berisi 19 seri balapan dimulai dari sirkuit Qatar dan akan berakhir di Valencia di akhir musim nanti. MotoGP Spanyol akhir pekan lalu menjadi seri pembuka yang digelar di Eropa pada tahun ini. Setelah sebelumnya balapan digelar di Qatar, Argentina, dan Amerika Serikat.

Dibandingkan dengan musim sebelumnya, jadwal MotoGP 2019 ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Balapan di Spanyol menjadi yang terbanyak dengan menggelar empat kali balapan, yakni di Jerez, Catalonia, Aragon, dan penutup di Valencia.

Setelah seri balapan di Jerez Spanyol akhir pekan lalu, Minggu, 5 Mei 2019, Marc Marquez kembali menduduki puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 70 poin.

Jadwal MotoGP 2019 seri balapan Spanyol
Jadwal MotoGP 2019 seri balapan Spanyol

Di posisi kedua ada Alex Rins yang mengumpulkan 69 poin dan disusul oleh pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso yang sudah mengoleksi 67 poin. Tentu melihat jadwal MotoGP 2019 yang masih panjang, persaingan ini akan menarik untuk terus disaksikan.

Posisi klasemen sementara MotoGP 2019 ini menarik untuk diikuti karena ada persaingan yang cukup sengit. Pada tiga seri balapan pertama sejak turnamen dimulai, ada tiga rider pemenang berbeda masing-masing seri balapan awal musim ini. Di Qatar dimenangkan oleh Andrea Dovizioso, Marc Marquez menang di Argentina dan Amerika Serika dikuasai Alex Rins setelah menalahkan Valentino Rossi.

Marc Marquez sempat merosot dari puncak klasemen setelah gagal finish pada MotoGP seri Austin, Amerika Serikat lalu, tetapi bisa kembali menguasai puncak klasemen setelah memenangi seri di Jerez.

Pada balapan yang digelar di sirkuit Jerez, Marquez tampil terdepan dengan menghabiskan waktu 41 menit 08,685 detik. Sedangkan rider Suzuki Ecstar, Alex Rins finish setelah Marquez dengan mencatatkan waktu 1,654 detik lebih lambat.

Marquez memang sudah menunjukkan keperkasaannya sejak menit awal dengan merebut posisi pertama, menyalip Fabio Quartararo yang start dari posisi terepan.

Fabio Quartararo kemudian juga turun ke posisi ketiga setelah ditikung rekan setimnya, Franco Morbidelli.

Pada lap ketujuh, Alex Rins menempait posisi kelima setelah menyalip  Dovizioso. Pada lap ke-11, Alex Rins semakin perkasa dengan menyalip Maverick Vinales dan menempati posisi keempat.

Malang bagi Quartararo karena harus merelakan posisi kedua karena ada masalah motor yang membuatnya harus menuju pit lane. Kondisi ini membuatnya gagal finish pada balapan di Jerez. Pascakeluarnya Quartararo ini, Alex Rins semakin menunjukkan tajinya. Alex Rin menempati posisi kedua setelah mengambil alih dari Morbidelli.

Menurunnya penampilan Morbidelli membuat Valentino Rossi bisa mencuri kesempatan dengan meraih posisi ke enam pada lap ke-20.

Duel sengit pun terjadi saat lap terakhir ketika Maverick Vanles dan Andrea Dovizioso perebutan posisi ketiga ketiga. Duel dimenangi Vinales dan mampu mempertahankan posisi ketiga hingga mencapai garis finis.

Valentino Rossi dinilai memberikan penampilan yang cukup baik di Jerez. Meskipun finis di posisi ke enam, tetapi Rossi mampu memberikan penampilan yang baik karena memulai balapan dari posisi 13. Meski begitu, Rossi menyebut bahwa dirinya sempat ‘telat panas’ pada balapan tersebut. The Doctor sempat 13 putaran berada pada posisi 10.

Podium pada sirkuit Jerez, jadwal motoGP 2019 selanjutnya di Prancis
Podium pada sirkuit Jerez, jadwal motoGP 2019 selanjutnya di Prancis

Marquez yang perkasa sejak dari start memimpin balapan sepanjang 25 putaran hingga garis finis. Secara berturut-turut, posisi podium di Sirkuit Jerez diduduki oleh Marc Marquez, Alex Rins, dan pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales.

Dengan hasil ini, Marquez kembali mengulang kesuksesan disirkuit Jerez pada musim lalu. Bahkan, pebalap Repsol Honda itu meraih podium dalam tujuh kali edisi balapan MotoGP di Spanyol dengan rincian, podium pertama dan posisi kedua masing-masing tiga kali, dan sekali meraih podium ketiga.

Adapun jadwal MotoGP 2019 selanjutnya adalah sirkuit Le Mans, Prancis yang akan digelar pada 19 Mei pukul 19.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here