Toyota Hiace, Mobil Komersil yang Cocok untuk Angkutan Transportasi

0
53
Toyota Hiace
Spesifikasi lengkap dan harga Toyota Hiace

Agreatportal.com, Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, kendaraan komersil Toyota Hiace resmi dirilis di Indonesia. Sebagai mobil yang didesain sebagai mobil komersil, Hiace sangat cocok untuk aktivitas bisnis seperti jasa transportasi atau travel. Sebab, MVP ini memiliki desain panjang sehingga mampu menampung sebanyak 11 orang.

Di tahun 2018 lalu, mobil komersil ini berusia 50 tahun. Pihak Toyota mengeluarkan edisi khusus dalam rangka merayakan umur yang setengah abad ini. Ada banyak perubahan yang berbeda di edisi khusus ini.

Merek Toyota sendiri di tahun 2017 menjadi merek mobil terlaris di Indonesia dan berhasil mengalahkan penjualan merek Daihatsu, Honda, Mitsubishi, bahkan Suzuki. Toyota berhasil menjual 371.332 unit, disusul Honda dengan penjualan 186.859 unit.

Dengan kehadiran Hiace ini membuat dominasi merek Toyota di Indonesia semakin panjang. Sebab di hampir semua segmen, Toyota berhasil mendominasi. Di segmen SUV mewah ada Toyota Fortuner, segmen MPV dengan Toyota Avanza dan Calya. Meskipun di segmen MPV masih kalah dari Mitsubishi Xpander, namun Avanza dan Calya masih terus konsisten.

Sehingga di segmen pasar komersil Indonesia, diprediksi akan didominasi oleh Hiace. Prediksi ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti spesifikasi dan fitur penopangnya.

Spesifikasi lengkap Hiace

Eksterior

Spesifikasi Toyota Hiace
Tampilan eksterior Toyota Hiace

Tampilan luar dari mobil komersil ini tampak elegan dan mewah namun tetap simpel. Kesan ini tercermin dari semua sisi Toyota, tidak hanya dari bagian depan, samping, dan juga belakang.

Di bagian depan, Toyota ini menggunakan desain lampu yang kokoh dengan grill aksen krom. Desainnya lebih mirip bus untuk tur karena dimensinya yang lapang bagai bus. Mobil ini memiliki panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 2.285 mm. Demi memberikan kenyamanan, Hiace dilengkapi dengan ground clearence yang memadai. Bobotnya juga terbilang berat dengan berat kosong 2.070 kg.

Interior

Kesan pertama saat melihat mobil ini adalah isi mobil yang lapang. Untuk tipe luxury menggunakan desain yang mewah dengan desain kursi yang nyaman dengan penumpang hanya 11 orang. Sedangkan tipe Hiace Commuter mampu menampung penumpang sebanyak 16 orang dengan kualitas kursi tidak lebih bagus dibanding tipe luxury.

Di bagian dashboard, disematkan Advanced Head Unit AVX 6 touch Screen Entertainment System. Fitur ini disematkan blurtooth, AUX, AM/FM, USB, iPod Ready, dan DVD/CD. Selain itu juga dilengkapi dengan climate control sehingga pengemudi lebih mudah untuk mengatur AC dan posisi penumpang.

Selain itu, dashboard Hiace juga didesain lebih ergonomis karena akan lebih mudah mengatur isi kabin dan banyak tempat penyimpanan multifungsi.

Mesin

Sebagai mobil yang dikhususkan untuk membawa penumpang dalam jumlah yang cukup banyak, sudah sepatutnya performa dari mobil ini harusnya menjanjikan. Dengan begitu, penumpang juga bisa merasakan kenyamanannya. Mobil ini menggunakan mesin 4 cylinders In-Line, DOHC D-4D bersilinder 2.494 cc dan 16 Valve.

Dengan kekuatan ini, Hiace mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Ps pada 3.600 rpm. Torsi dari Toyota ini bisa mencapai 26.5 kgm pada 1.600 – 2.400 rpm. Sedangkan bahan bakarnya menggunakan common rail type dengan jenis diesel dengan kapasitas 70 liter.

Fitur Lainnya

Hiace memang dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni, setidaknya fitur keselamatan standar sudah pasti disematkan. Lamupu rem di wiper juga sudah ada fog lamp. Selain itu, mobil ini juga menggunakan dual SRS Airbag, sistem rem ABS+BA sehingga bisa terhindar dari kejadian tergelincirnya mobil. Hiace juga dilengkapi Toyota Isofix base dan Toyota Mini.

Toyota Hiace STD manual dibanderol dengan harga Rp 440.150.000, tipe Commuter Manual seharga Rp 475.250.000, dan tipe Commuter Manual Luxury dengan harga Rp678.050.000. Harga tersebut bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung wilayah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here