Sebelum Membeli Mobil Bekas, Perhatikan 10 Tips Berikut Ini

0
94
membeli mobil bekas
Tips agar membeli mobil bekas berkualitas

Agreatportal.com, Saat ingin membeli mobil, tentu tak semua orang mampu membeli dalam kondisi baru. Biasanya harga mobil baru jauh lebih mahal. Alternatif lainnya adalah dengan membeli mobil bekas agar mobil impian didapat dengan budget yang lebih murah.

Meskipun kendaraan bekas, masih ada kok yang berkualitas dan kondisinya masih bagus. Jika sudah punya mobil, kamu dan keluarga bisa mengadakan liburan, mulai dari bertualang ke luar kota, menikmati alam yang sejuk di puncak, tamasya ke pantai di Bali, mengelilingi jalanan malioboro sambil menikati sunset Jogja nan indah.

Namun, harus tetap hati-hati karena memilih mobil seken yang bagus bukanlah perkara mudah. Memilih dengan teliti mana yang berkualitas dan tidak menyesal di kemudian hari.

Menurut situs otomotif Edmunds, ada beberapa tips membeli mobil seken yang minim masalah dengan harga lebih rendah. Berikut uraiannya.

1. Menentukan harga mobil yang mampu dibeli

Langkah pertama ini penting untuk diperhitungkan sebelum membeli mobil bekas yang diinginkan. Bila ingin membeli secara kredit, pastikan angsuran per bulannya tidak lebih dari 20 persen gaji yang didapat.

Hal ini disebabkan karena membeli mobil bekas akan membutuhkan biaya ekstra untuk perawatan tambahan maupun penggantian komponen, serta menyediakan biaya operasional harian.

2. Tentukan mobil yang menjadi target pembelian

Buatlah daftar target mobil yang diinginkan. Pilih setidaknya tiga mobil yang sesuai kebutuhan. Sertakan juga ulasan anggarannya agar menjadi pembanding saat melihat langsung mobil seken yang diinginkan.

Di beberapa negara, mobil seken yang banyak diburu adalah Honda Accord dan Toyota Camry yang berjenis sedan. Namun, mobil ini biasanya masih tinggi.

3. Melakukan survei harga

Tips membeli mobil bekas
10 tips membeli mobil bekas

Sebelum membeli mobil bekas, rajinlah untuk mengecek harga mobil yang diinginkan di beberapa dealer mobil seken, hingga situs jual beli online.

Harga-harga mobil bekas ini akan berbeda tergantung kondisi mobilnya. Memang butuh kesabaran ekstra untuk mendapatkan mobil dalam kondisi bagus.

4. Periksa riwayat kendaraan

Poin ini juga jadi salah satu yang penting karena akan banyak sekali orang yang menutup-nutupi kondisi riwayat kendaraan. Sehingga periksalah dengan seksama. Usahakan membeli dari teman terdekat atau orang yang dikenali. Jadi mereka tidak akan berbohong mengenai kondisi mobil yang sebenarnya.

Bisa juga dengan melakukan pengecekan riwayat kendaraan dari pihak kepolisian maupun pihak asuransi. Karena pengecekan mobil juga dapat dilakukan dari NIK atau pelat mobil itu sendiri.

5. Pilih jarak tempuh mobil yang tidak terlalu jauh

Pilihlah mobil bekas yang tidak terlalu sering atau tidak dibawa ke lokasi yang jauh oleh pemiliknya. Saringlah mobil yang menjadi target dengan indikator jarak tempuh, harga, fitur, dan sebagainya.

Selain itu, kemudahan teknologi sudah membantu, membuat pencarian mobil seken kamu lebih mudah dan hemat waktu dengan melihat di situs jual beli online otomotif.

6. Menghubungi Penjual

Bila sudah memiliki mobil bekas yang sesuai kriteria kamu, hubungi penjualnya dan jalinlah hubungan baik dengan tujuan untuk memverifikasi mobil yang menjadi incaran. Beberapa hal yang perlu diselidiki adalah alasan menjual mobil dan sebagainya. Sebab, tak sedikit orang yang menjual mobi dengan cara menitipkan pada dealer.

7. Uji coba Mobil

Perhatikan sebelum membeli mobil bekas
Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas

Pastikan untuk menguji mobil seken yang mau dibeli. Cara ini paling pas untuk menilai apakah kondisi mobil masih bagus atau ada minusnya. Rasakan ketika mengemudinya, ruang kemudi, posisi mengemudi, bangku penumpang, adakah bunyi-bunyi mencuit, kondisi AC, keadaan jok, visibilitas ketika di belakang kemudi, dan sebagainya.

8. Bawalah Orang yang Ahli atau Mekanik

Bagi kamu yang tidak terlalu paham mengenai seluk beluk mobil, lebih baik membawa mekanik atau rekan yang ahli mengecek kondisi mobil dan mesin. Tujuannya agar saat membeli mobil kau tida merasa tertipu.

9. Tawar Harga

Apabila sudah pasti mobil mana yang akan dibeli, tidak ada salahnya melakukan penawaran sesuai dengan kesepakatan atau harga yang diinginkan. Hal ini bertujuan untuk menekan budget dan tidak membuat kamu menyesal nantinya.

10. Periksa Kelengkapan Berkas

Pastikan juga sejumlah berkas mobil bekas yang akan dibeli lengkap, seperti sertifikat, STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here