Timnas U-19 Ikuti Laga Uji Coba di Thailand, Persiapkan Kekuatan Fisik

0
59
Timnas U-19
Timnas U-19 Ikuti Laga Uji Coba di Thailand, Persiapkan Kekuatan Fisik

agreatprortal.com, PSSI mengirimkan 28 pemain Timnas U-19 ke Thailand setelah melewati seleksi ketat oleh pelatih Shin Tae-yong yang dibantu asistennya Indra Sjafrie. Mereka akan berada disana selama 12 hari lamanya. Ketua umum PSSI menambahkan, Iwan Bule biasa disapa, skuad Garuda Muda itu akan menjalani lima laga uji coba melawan klub asal tuan rumah dan tim dari Korea Selatan.

Ia mengakui rutin berkomunikasi dengan asisten Shin Tae-yong itu untuk mengetahui perkembangan dan kondisi teknis dan nonteknis dari skuad Garuda Muda. “Saya selama dua hari sekali komunikasi dengan coach Indra Sjafri menanyakan perkembangan, dari makan, stadion, kemudian permasalahan komunikasi, seperti isu yang tidak bagus bahwa Shin Tae-yong tertekan dengan pemilihan pemain, yang ternyata itu tidak ada,” kata Iwan Bule.

Laga uji coba itu bakal menjadi ajang bagi Shin Tae-yong untuk melihat performa dari para pemain. “Ini kesempatan untuk pelatih baik Shin Tae-yong maupun coach Indra untuk melihat kekompakan pemain di lapangan,” ujar iwan. Pemusatan latihan Timnas U-19 Indonesia akan digelar pada 20 sampai 31 Januari 2020 di Thailand.

Timnas U-19 Indonesia tidak hanya fokus berlatih, melainkan juga akan melakoni pertandingan uji coba. Dijadwalkan, mereka akan menghadapi lima laga pertandingan yang berlangsung selama 12 hari. Untuk tim lawan, ada tim dari Thailand dan juga klub Korea Selatan, namun tidak disebutkan nama-namanya.

Menurut asisten pelatih, Indra sjafri, timnya akan melakukan tes fisik dan medical check-up pada tanggal 22 Januari. Pada latihan di hari pertama tim pelatih menargetkan penguatan fisik para pemain agar stamina bisa lebih baik ketika bertanding. Hal itu juga dikonfirmasikan oleh kiper timnas U-19 Indonesia, Ernando. Meski harus berlatih jauh dari keluarga di Tanah Air, para pemain mengaku senang dan enjoy.

Komposisi pemain akan menjadi kerangka tim yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Iwan nantinya akan terus memantau performa Amiruddin Bagus Kahfi dan enam pemain Garuda Select lain bersama dengan Shin Tae-yong. “Saya dengan pelatih akan ke Birmingham melihat Garuda Select yang berlatih tanding di sana, sehingga masih ada perubahan,” katanya.

Indonesia memang mulai berbenah untuk menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021 selaku tuan rumah. Squad Garuda Muda diminta untuk fokus dan bisa berpretasi. Harapan itu bahkan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang mengundang Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI ke Istana Negara pada 16 Desember 2019.

Pengurus PSSI pun bergerak cepat dengan menunjuk Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih pada 28 Desember 2019. Mantan pelatih Kores Selatan itu mengatakan bahwa kelemahan utama pemain Indonesia terletak pada faktor stamina. Juru taktik berusia 50 itu memboyong kompatriotnya Lee Jae-hong untuk mengenjot fisik pemain Indonesia untuk durasi empat tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here