Sirukuit Mandalika Siap Jadi Lokasi MotoGP Musim 2021

0
84
MotoGP
Sirukuit Mandalika Siap Jadi Lokasi MotoGP Musim 2021

agreatportal.com, Pada perhelatan MotoGP 2021 mendatang, Indonesia siap menjadi tuan rumah. Perlombaan akan diselenggarakan di sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyebut pembangunan Sirkuit Mandalika memasuki tahap perampungan. Zainudin juga mengatakan, Sirkuit Mandalika bakal menjadi arena paling indah dan megah di dunia. 

“Persiapan Sirkuit Mandalika di NTB, sekarang juga sedang perampungan konstruksi infrastrukturnya,” kata Zainudin di Ambon, Rabu, (5/2/2020).

Melalui akun resminya, MotoGP mengunggah video tentang tampilan sirkuit Mandalika dengan gambar 3D. Sirkuit tersebut memiliki tipe jalan raya dengan pemandangan pesisir pantai. Meski bertipe jalan raya, Michael ‘Mick’ Doohan, legenda MotoGP era GP500, sempat menyatakan bahwa Mandalika akan menyajikan hal menarik dan berbeda daripada sirkuit lainnya.

“Mandalika memang sirkuit jalanan, tapi bukan ‘sirkuit jalanan’ karena dari segi desain dan layout, sirkuit Mandalika punya run-off layaknya sirkuit modern,” ujar Doohan beberapa waktu lalu.

“Terkait treknya sendiri, sepertinya akan panas (karena terbuka),” tambahnya. Di samping itu, pada unggahan tersebut warganet pun ramai membanjiri kolom komentar. Banyak yang mengungkapkan rasa bangga karena Indonesia akhirnya kembali jadi salah satu tuan rumah seri MotoGP setelah tahun 1997. Para warganet juga berharap agar Valentino Rossi masih akan berlaga dan menjajal sirkuit tersebut. Sebab, nasib pebalap Yamaha itu masih belum diputuskan usai kontraknya berakhir pada MotoGP 2020.

Lokasi sirkuit mandalika berada tepat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Pulau Lombok. Zainudin memang belum melihat langsung proses pembangunan sirkuit tersebut. Hanya saja, ia menjamin pembangunan sirkuit dilakukan dengan maksimal. Hal itu karena sirkuit tersebut akan digunakan berkali-kali.

“Karena kita akan berkali-kali akan melakukan balap di situ. Tapi yang jelas untuk MotoGP sendiri kan setiap setahun sekali di setiap negara. Mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan penyelenggaran yang baik,” jelas Zainudin.  

Sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 4,3 kilometer itu dibangun oleh Mandalika Vinci Grand Project, salah satu BUMN asal Prancis sejak Oktober 2019. Sirkuit itu ditargetkan rampung tahun ini. Sirkuit ini nantinya akan menjadi sirkuit pertama di Indonesia yang akan menjadi tempat balapan Moto GP pada tahun 2021. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here