Sirkuit Mandalika Dijamin Aman Gelar Seri MotoGP Indonesia

0
216
Sirkuit Mandalika jadi tuan rumah seri MotoGP Indonesia
Sirkuit Mandalika jadi tuan rumah seri MotoGP Indonesia

Agreatportal.com, Indonesia resmi menggelar balapan seri MotoGP mulai tahun 2021 selama lima musim di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Keputusan ini sudah dipresentasikan di seri pertama musim ini di Qatar.

Isu keamanan dan keselamatan para rider MotoGP menjadi sorotan. Meskipun CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyebut sirkuit di NTB ini aman menggelar balapan. Fasilitas yang lengkap juga sudah disiapkan untuk mendukung sirkuit Mandalika dan keamanan penuh untuk para rider menjadi fokus utama. Selain itu, Ezpelata juga mengatakan sirkuit ini berbeda dengan sirkuit jalan raya lainnya karena semua fasilitas dari sirkuit jalan raya ada di sini.

Keraguan ini menurut pihak konsultan balapan, MRK1 Consulting, dikarenakan berlangsung di jalan raya. Managing Director MRK1 Consulting, Mark Hughes melalui Crash menjelaskan bahwa trek Sirkuit Mandalika ini sudah didesain dan dibangun dengan standar keamanan FIM untuk MotoGP.

Sirkuit Mandalika direncanakan dibangun pada September atau Oktober 2019 nanti dengan konsep sirkuit jalanan pertama di MotoGP. Belum dipastikan berapa biaya pembangunan karena ditanggung oleh perusahaan asal Perancis, Vinci Construction Grands Projects yang menjadi Investor Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Pembangunan diperkirakan selesai pada 2020 dan bisa menampung lebih dari 90.000 penonton.

Sirkuit Mandalika mulai dibangun September 2019
Sirkuit Mandalika mulai dibangun September 2019

Melihat site plannya, penonton yang berada di tribun utama akan melihat keindahan hamparan bukit yang menghadap ke laut. Ini akan menjadi pemandangan laut Lombok yang indah selain menikmati balapan.

Untuk saat ini, proses pembangunan masih memasuki tahap pembebasan lahan. Sirkuit yang dibangun di atas areal seluas 106 hektar ini selanjutnya akan memasuki tahap perencanaan hingga pengaspalan sesuai dengan standar internasional.

Untuk menggelar seri balapan MotoGP ini, biaya yang harus dibayarkan setiap musimnya adalah sekitar 9 juta euro atau setara dengan Rp 143 miliar, sudah termasuk lisensi, biaya penyelenggaraan, dan hak cipta.

Menurut Abdulbar M Mansyur, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero, negara sebagai tuan rumah memiliki hak dalam hal broadcasting right dan merchandise right. Penyelenggaraan ini tidak menggunakan sistem profit sharing.

Selain untuk ajang balapan MotoGP, sirkuit ini juga akan digunakan untuk gelaran Superbike. Pihak MRK1 Consulting mengatakan hanya mengubah sebagian kecil dari sirkuit untuk menjadikannya sesuai dengan standar keamanan MotoGP. Karena dari awal sudah banyak investasi di sana.

Dengan diselenggarakannya MotoGP Indonesia, tentu saja gelaran balapan di Sepang, Malaysia tidak lagi menjadi gelaran eksklusif di Asia Tenggara. Ini membuat Malaysia harus mencari gagasan baru demi mencuri perhatian penonton dari negara tetangga.

Menurut CEO Sirkuit Sepang, Razlan Razalo, menyebut penonton asal Indonesia menjadi yang terbanyak sekitar 8.000 orang.

Razlan berharap, adanya WTCR dan EWC yang diselenggarakan di Sepang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton Asia Tenggara. Tentu gelaran inii tak kalah seru dari balapan MotoGP. EWC seri di Malaysia akan menjadi ajang kualifikasi menuju sirkuit Suzuka di Jepang. Ajang ini merupakan balapan ketahanan yang berlangsung selama delapan jam. Kedua ajang ini merupakan pengganti Formula 1 yang sudah berhenti digelar sejak 2017 lalu.

Wacana pergelaran MotoGP di Indonesia sudah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Palembang termasuk menjadi salah satu kandidat tuan rumah selain Sirkuit Sentul. Terlebih sirkuit yang ada di Bogor ini pernah menjadi tuan rumah balapan MotoGP tahun 1997, dimana saat itu Valentino Rossi juga ikut balapan di sana.

Properti MNC Land di kawasan Lido, Jawa Barat, juga menjadi salah satu kandidat pembangunan sirkuit untuk balapan bergengsi ini.  Namun pilihan akhirnya jatuh di Mandalika.

Sirkuit Mandalika memang memiliki kelebihan dari tiga opsi sirkuit sebelumnya. Kawasan Mandalika berada di daerah wisata penting di Indonesia. Ditambah lagi pemerintah Indonesia memang sedang gencar mengembangkan sektor pariwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here