Selain Baik Hati, Simak Fakta Menarik Lain Mohamed Salah

0
128
Mohamed Salah bersama putrinya
Mohamed Salah bersama putrinya

Agreatportal.com, Peran Mohamed Salah memang sangat penting dalam kesuksesan Liverpool belakangan ini. Prestasi tertingginya adalah berhasil membawa Liverpool menjadi jawara Liga Champions untuk musim 2018/2019.

Salah menjelma menjadi alah satu striker tertajam dunia. Bersama Firmino dan Mane, mereka sukses menjadi trio maut yang menakutkan lawan-lawan. Tidak hanya menakutkan di lapangan hijau, bahkan Salah memiliki beberapa fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang apa saja ya? Yuk langsung simak aja.

Penggemar Muhammad Ali

Mohamed Salah merupakan penggemar berat dari petinju Muhammad Ali. Petinju legendaris itu merupakan panutan sekaligus sumber inspirasi Salah. Saat menjalani masa-masa sulit bersama Chelsea, Muhammad Ali jadi inspirasinya dari kata-katanya.

Punya hati yang mulia

Salah bertekad untuk menghilangkan kemiskinan di kampung halamannya, Nagrig di Gharbia. Hal ini terbukti dengan dibangunnya sekolah dan menyediakan peralatan medis di rumah sakit daerah. Salah juga meminta bantuan ayahnya agar membatalkan tuntutan pada pencuri yang beraksi di rumahnya. Bahkan Salah mencarikan pekerjaan dan memberi pencuri tersebut duit. Wah, baik banget ya?!

Kontroversi

Pesepakbola yag akrab disapa Mo Salah ini, sempat dikritik oleh warga Mesir. Ketika itu, Salah menghadiri acara televisi di Swiss dan mendapatkan penghargaan. Sebagai pemain terbaik Liga Swiss. Di acara tersebut, setelah memberikan penghargaan, sang presenter yang merupakan seorang wanita mengecup pipi Salah. Dia dikritik karena menerima kecupan tersebut. Warga Mesir menilai hal tersebut tidak pantas karena dirinya merupakan seorang muslim.

Salah mengeluh dan menyayangkan komentar miring tersebut. Menurutnya mereka lupa akan penghargaan yang diterimanya dan lebih fokus pada kecupan yang merupakan budaya di Eropa. Salah juga tidak mau dia disebut tidak sopan karena tiba-tiba menolak kecupan tersebut.

Pemain tercepat di liga inggris

Berdasarkan analisis beIN Sports, Mo Salah memiliki kecepatan lari yang sangat mengagumkan. Dia bisa berlari 70 meter hanya dalam waktu 7 detik. Kecepatan larinya mencapai 35,4 km/jam di atas lapangan rumput yang lembab.

Pernah Dihina Fans Liverpool

Pemain Liverpool Mohamed Salah
Pemain Liverpool Mohamed Salah

Salah ternyata pernah menjadi bulan-bulanan fans Liverpool. Hal ini berawal ketika Salah memberikan ucapan kepada Demba Ba, mantan rekan satu timnya ketika masih di Chelsea, melalui akun twitternya. Pada ucapan tersebut, Salah menggunakan foto Demba Ba saat merayakan gol ke gawang Liverpool tahun 2014.

Muslim yang taat

Sudah bukan hal asing lagi bahwa Salah merupakan salah satu muslim yang taat. Mohamed Salah sering tertangkap kamera membaca ayat suci Alquran. Bentuk lainnya adalah dia sering merayakan golnya dengan selebrasi bersujud. Salah juga memberikan nama yang menjadi ciri khas di agama Islam pada anaknya. Anaknya bernama Makka atau dalam agama Islam Mekkah yang menjadi tanah suci bagi umat muslim.

Militer

Jika tidak menjadi pemain sepakbola, Salah mungkin sudah menjadi tentara di Mesir sekarang. Sebagai negara yang menerapkan wajib militer, Mesir mengharuskan semua warganya menjadi tentara. Kecuali beberapa profesi, salah satunya pesepakbola.

Sempat dengan status yang tidak jelas, Salah sempat tidak terdaftar sebagai warga negara yang bebas wamil. Namun berkat pertolongan Ahmed Hassan selaku pejabat asosiasi sepakbola Mesir, Salah menjadi salah satu pesepakbola yang bekerja di Inggris sehingga terbebas dari tugas wamil.

Pemain Mesir Pertama Berseragam Liverpool

Mohamed Salah bergabung pertama kali dengan Liverpool di tahun 2017. Dengan nilai transfer sebanyak 42 juta euro, Salah didatangkan dari AS. Pemain yang memilih nomor punggung 11 ini menjadi sejarah tersendiri bagi Mesir. Pasalnya dia menjadi pemain pertama yang berhasil bergabung dengan The Reds.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here