PSSI Segera Kirim Timnas U-19 Ke Spanyol untuk Pemusatan Latihan

0
40
Timnas U-19
PSSI Segera Kirim Timnas U-19 Ke Spanyol untuk Pemusatan Latihan

agreatportal.com, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule mengabarkan bahwa timnas U-19 Indonesia akan segera berangkat ke Spanyol paling lambat awal Januari 2021.Namun Iwan berharap tim sepakbola Indonesia bisa berangkat lebih awal yaitu pada akhir bulan Desember ini. Iwan menyampaikan ucapakan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan keleluasaan pada pihaknya untuk menentukan tempat TC tim nasional U-19 Indonesia.

Ada tiga lokasi yang sebelumnya dijadikan pilihan lokasi TC, sebelum akhirnya menetapkan Spanyol. Iwan menyebut pemilihan Spanyol didasari karena majunya dunia sepak bola disana. Selain itu Spanyol juga menempati lima besar peringkat FIFA.

“Yang sudah kami surat menyurat dan urus visa adalah Spanyol,” ucap Iriawan.

“Kenapa Spanyol?, karena sepak bolanya maju dan mereka juga rangking 5 besar FIFA,” lanjutnya.

Tak hanya situ, tidak adanya keharusan melakukan karantina terkait Pandemi Covid-19 juga menjadi penentu keputusan pemilihan Spanyol. Selain itu, suhu di Spanyol juga lebih baik jika dibandingkan di Korea Selatan yang bisa mencapai di bawah 0 derajat saat bulan Desember. Pemusatan Latihan (TC) yang akan dijalani Timnas U-19 di Spanyol juga akan lebih singkat dibandingkan saat di Kroasia.

“Kami dalam proses administrasi. Korespondensinya sudah tuntas dengan federasi sepakbola Spanyol (RFEF),” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Insyaallah sebelum tahun baru anak-anak sudah ke Spanyol. Januari pulang (ke Indonesia), setelah itu persiapan ke Uzbekistan untuk Piala Asia U-19 bulan Maret,” lanjutnya.

Setelah korespondensi rampung, PSSI kini masih menunggu pengurusan visa selesai. Selain itu federasi juga masih menunggu Shin Tae-yong yang baru tiba Jumat (11/12/20) malam kemarin.

“Saat ini untuk keberangkatan kami sedang tunggu visa anak-anak dan kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia,” kata Yunus. 

Mochamad Iriawan sebelumnya juga mengatakan bahwa pandemi Covid-19 merupakan penghambat Timnas U-19 untuk tampil lebih baik. Namun ia akan melakukan apapun demi perkembangan terbaik timnya itu. Ia akan mengambil langkah apapun agar skuad Garuda bisa menjadi lebih baik. Mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang.

Status tuan rumah itu tentu memberi keuntungan bagi Bagas Kaffa dan kawan-kawan yang mendapatkan tiket gratis untuk tampil di putaran final pada Mei tahun depan. Tentunya kesempatan baik tidak ingin disia-siakan oleh PSSI. Mereka tidak ingin timnas U-19 Indonesia hanya menjadi pemanis dalam ajang akbar tersebut.

Skuad Garuda Nusantara memang tampil cukup impresif saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia pada September-Oktober lalu. Mereka bahkan bisa menang telak 4-0 atas Hajduk Split, tim yang tak terkalahkan dalam sembilan laga saat bermain di Liga Kroasia U-19.Hanya saja, Iwan Bule menilai bahwa anak asuh Shin Tae-yong seharusnya bisa tampil lebih baik.

“Sayang kita terkena pandemi Covid, sehingga enam bulan mereka menganggur, kalau tidak mungkin bisa lebih bagus lagi,” ujarnya.

Ia lantas menegaskan bahwa proses pengembangan skuad Garuda masih jauh dari kata selesai. PSSI akan terus mengupayakan percepatan agar timnas U-19 Indonesia semakin siap menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here