PSSI Menyatakan Pelaksanaan Piala Presiden 2019 Bebas Intervensi

0
242
PSSI menyatakan pelaksanaan piala presiden 2019 bebas intervensi
PSSI menyatakan pelaksanaan piala presiden 2019 bebas intervensi (istimewa)

agreatportal.comPSSI membantah anggapan bahwa Piala Presiden 2019 penuh dengan intervensi dan terkesan dipaksakan. Pihaknya menyatakan bahwa Piala Presiden 2019 sudah melalui perencanaan yang matang dan konsep awal sebelum musim ini dimulai.

Pada tahun sebelumnya, organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia tersebut pernah menyatakan tidak akan menggelar Piala Presiden tahun ini. Hal tersebut yang membuat Piala Indonesia digelar pada tahun lalu dan menjadi ajang pramusim bagi klub-klub yang ikut serta di Liga 1.

Dengan berkembangnya situasi baru, PSSI akhirnya mengambil keputusan untuk mengadakan kembali Piala Presiden. Hal tersebut mengakibatkan molornya jadwal penyelesaian Piala Indonesia. Berdasarkan tahapannya, Piala Presiden akan digelar setelah babak 16 besar Piala Indonesia berakhir.

Piala Presiden yang akan digelar mulai 2 Maret tersebut akan diikuti 20 tim. Tim-tim tersebut nantinya akan dibagi menjadi lima grup yang akan bermain di lima kota.

“Sejak terbentuknya pada dua atau tiga tahun lalu, Piala Presiden memang sudah dipersiapkan sebagai ajang pramusim. Tidak mungkin dimainkan di tengah musim, bukan masalahanya dipaksakan, pramusim memang seharusnya dilaksanakan sebelum musim ini dimulai,” ucap Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

Piala Presiden pertama kali diadakan pada 2015 yaitu saat Indonesia mendapat sanki dari FIFA. Saat itu, kompetisi tersebut masih dikelola oleh Mahaka Sport and Entertaiment. Saat itu, Piala Presiden diikuti oleh 16 tim Indonesia. Diantaranya 13 tim dari liga QNB dan 3 tim lainnya dari Divisi Utama.

Pada Piala Presiden perdana tersebut, Persib Bandung berhasil menjadi juara pertama. Persib berhasil meraih gelar juara tersebut setelah berhasil mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Kesuksesan kompetisi tersebut membuat PSSI memutuskan untuk kembali menggelarnya di tahun 2017 dan 2018. Arema FC berhasil menjadi juara Piala Presiden 2017 setelah mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1.

Namun, pihak PSSI juga belum memastikan kapan kompetisi Liga 1 2019 akan dimulai. Mereka hanya memperkirakan kompetisi tersebut akan digelar antara tanggal 1-8 Mei mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here