Penyebab TV Samsung Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara, Begini Cara Mengatasinya

0
54
Penyebab TV Samsung tidak ada gambar tapi ada suara
Berikut beberapa penyebab TV Samsung tidak ada gambar tapi ada suara

Agreatportal.com, Apakah kamu sedang mencari tahu apa penyebab TV Samsung tidak ada gambar tetapi ada suara? Jika iya, kamu harus membaca artikel ini hingga selesai untuk bias mengatasi permasalahan tersebut. Jangan khawatir dan jangan panik dulu, sebab masalah ini tentu saja bisa diatasi dengan segera.

Untuk mengetahui permasalahan yang sedang terjadi, ada beberapa langkah untuk mengetahuinya.

Lakukan pengecekan Awal

Ada beberapa tips sederhana untuk pengecekan awal TV Samsung milik kamu ketika ada problem suara ada terdengar namun gambarnya tidak kelihatan. Berikut tipsnya:

  1. Cek dan pastikan LCD tidak ada yang retak atau pecah. Sebab jika layarnya pecah atau retak, perbaikan akan memerlukan penggantian panel LCD. Untuk hal ini kamu bisa langsung segera menghubungi Service Center memperbaikinya.
  2. Namun jika kamu tidak menemukan masalah keretakan ataupun pecah pada LCD-nya, disarankan untuk mencabut TV semalaman, kemudian pasang lagi. Biasanya cara ini berhasil dan bisa untuk menyelesaikan masalah seperti ini.
  3. Penting untuk mencabut semua kabel TV-nya dan pasang lagi agar permasalahan gambar hilang pada TV Samsung kamu bisa terselesaikan.
  4. Saat memasangnya, pastikan dengan teliti bahwa input TV tersebut sudah kamu pasang dengan benar. Jika input yang harusnya dipasang pada DVI atau Component, tetapi diatur di HDMI, ini akan menimbulkan masalah. Pastikan pemasangannya dengan benar.

Menurut situs resmi dari Samsung sendiri, jika permasalahan gambar tidak muncul tetapi suaranya ada, ternyata memang ada pengaturannya sendiri. Disebutkan pada seri F terdapat fitur “Picture Off” yang jika dinyalakan, TV hanya akan menampilkan layar gelap alias gambar dimatikan tetapi tetap mengeluarkan suara.

Fitur ini didesain untuk menghemat energi ketika memutar file musik saja karena hanya akan memerlukan suara saja. Tetapi TV bisa kembali ke bentuk semula dengan tombol apa saja (sembarangan) di remote.

Cara memperbaiki TV Samsung IC tunggal TDA9381

Penyebab TV Samsung tidak ada gambar
Penyebab TV Samsung tidak ada gambar tapi ada suaranya

Jika TV Samsung kamu di rumah masih menggunakan tabung flat dengan IC tunggal TDA9381 dan penguat RGB TDA6107, kamu bisa mengikuti langkah ini.

Sebelum itu, penting bagi kamu untuk memeriksa tegangan penting pada setiap rangkaian. Pastikan terukur dengan normal. Kemudian, analisa mulia dari IO (input-output) dan solder.

Lalu, lanjutkan cek apakah IC penguat RGB bekerja dengan baik alias tidak rusak. Cara mengeceknya dengan menaikkan secara perlahan tegangan screen ketika tv sedang menyala, lalu amati layarnya. IC normal akan membuat gambar terlihat samar-samar dengan layar putih. Tetapi jika IC rusak maka gambar di layar tidak akan terlihat sama sekali.

Jika masih belum menemukan kerusakan, coba langkah ketiga, mengecek emisi CRT (kisi RGB). Sebab, sistem penguat RGBTDA6107 biasanya menggunakan sirkuit deteksi emisi CRT ini dan melakukan umpan balik ke IC gambar. Jika CRT ini tidak seimbang, maka pin 5 pada TDA6107 ini akan mengirimkan tegangan abnormal ke IC gambar. Sehingga IC Gambar yang menerima tegangan abnormal tersebut akan menghentikan pengiriman gambar ke layar.

Ketika masalah terjadi karena disebabkan oleh tidak seimbangnya emisi CRT, kamu bisa mengganti layar CRT atau dengan mengubah data pengaturan umpan balik di TDA 6107 yang diterima IC gambar.

Biasanya opsi kedua lebih banyak dipilih sebab mengganti layar CRT butuh biaya yang mahal. Untuk mengubah settingan ini, caranya dengan masuk service mode terlebih dahulu. Cari pengaturan AKB dan pada opsi 0 ganti menjadi 1 yang diberi kotak merah dalam gambar. Jika berhasil, layar akan langsung menampilkan gambar normal. Namun, opsi ini memang memiliki kekurangan dengan muncul garis horizontal saat RF memiliki siaran yang jelek, namun akan hilang saat siarannya jernih.

Kendala lainnya adalah kamu harus hafal agar bisa masuk ke service mode. Hal ini disebabkan oleh karena layar gelap atau terlihat samar-samar, sehingga kamu yang tidak hafal atau tidak terbiasa akan sulit melihatnya. Atau bisa dengan memindahkan mesin ke CRT normal dulu.

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengatur adjust screen (G2) dengan masuk ke service mode, lalu selaraskan hardware dan software. Pengaturan adjust G2 selesai ketika kamu sudah melihat tulisan warna hijau “Screen Adjust: OK”. Namun jika masih berwarna merah atau ungu, berarti ada pengaturan yang masih belum pas.

Kerusakan tidak ada gambar pada pada TV Samsung IC TDA9381/N2/3

Penyebab TV Samsung tidak ada gambar
Cara mengatasi dan mencari tahu Penyebab TV Samsung tidak ada gambar

Pada TV Samsung tipe ini, penyebab tidak munculnya gambar adalah karena ada salah satu emisi yang lemah. Samsung seperti diketahui dilengkapi dengan proteksi IK (Arus Kathoda), jika emisinya lemah masa TV akan segera cut off alias tidak akan memunculkan gambar. Bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Elko pada supply IC Vertikal kering sehingga membuat gambar hilang, terutama pada elko pum-up 100uf.
  2. Bisa juga karena R ABL putus dan juga Elko Video dengan tegangan 180 volt kering sehingga mempengaruhi gambar yang hilang.
  3. Bisa juga karena pada input RGB di IC TDA 6108, Dioda zener juga bisa mempengaruhi hilang timbulnya gambar, misalnya ketika salah satu ada dioda yang bocor sehingga gambar akan berubah warna, bisa jadi pindah ke warna dominan atau kadang pindah ke salah satu warna dan kadang berubah ke warna lainnya. Jika bocornya semakin parah, makan bisa menyebabkan gambar hilang/terjadi cut off.
  4. Bisa juga disebabkan oleh dioda bocor di jalur cut off atau IK, maka akan mempengaruhi tegangannya.
  5. Penyebab TV Samsung tidak ada gambar ini juga bisa dikarenakan tegangan G2 yang kurang pas sehingga berpengaruh pada hilang timbulnya gambar. Jika hal ini yang terjadi, caranya kamu bisa adjust screen dengan masuk ke service mode, pilih G2 adjust, dan OK.

Penyebab dan cara memperbaiki TV LED tidak ada gambar

Tidak hanya TV Samsung, tetapi juga TV LED merek lain seperti LG, Sharp, Polytron, dan sebagainya, pada dasarnya memiliki penyebab yang hampir sama. Pengecekan dan analisanya juga hampir sama.

Berikut adalah beberapa penyebab TV tidak ada gambar berbagai merek dan cara memperbaikinya dengan sederhana. Ini hanya petunjuk penggantian modul dan part sederhana saja, bukan petunjuk praktis untu penggantian IC SMD atau prosessor. Langsung saja simak langkah berikut ini.

Ada beberapa penyebab TV LED mengeluarkan suara namun tidak memunculkan gambar. Jangan terburu-buru panik, berikut penyebab yang sering terjadi dan cara untuk memperbaikinya.

  1. Jika lampu backlight mati. Ini merupakan komponen yang sangat rawan untuk terjadi kerusakan. Kamu akan sering menemukan bagian ini mengalami kerusakan, tapi untungnya mudah diperbaiki. Yaitu hanya dengan mengganti komponen backlight dan pasanglah. Maka TV akan berfungsi kembali.
  2. Konektor kabel LVDS yang menghubungkan TCon ke unit motherboard (papan utama TV) copot atau tidak terpasang dengan baik. Banyak yang menyebabkan kabel penghubung ini terlepas.
  3. Blok T-Con tidak mendapatkan supply voltase yang seharusnya 12V.
  4. Rusaknya Fuse SMD T-Con atau sekring yang ada di konektor LVDS putus. Untungnya cara mengganti komponen ini mudah dan sederhana. Tidak akan ada risiko berat jika kamu melakukan penggantian ini dibanding mengganti chip set.
  5. Kontak solderan oksidasi dan kurang baik. Bagian solderan di PCB ini bisa disebabkan karena adanya jamur yang tumbuh seiring berjalannya waktu. Biasany aterjadi pada TV yang sudah berumur tua. Ini juga bisa dialami oleh TV LED apalagi pada rumah yang kondisinya lembab.
  6. T-Con yang mengalami kerusakan sehingga harus diganti.

Agar TV LED kamu kembali menyala dengan muncul gambar, kamu bisa melakukannya dengan analisis di atas untuk memastikan penyebab sebenarnya, kemungkinan beberapa poin di atas adalah salah satu permasalahannya.

Kamu bisa melakukan tahap berikut:

  1. Penting untuk melakukan pengukuran tegangangan pada power supply, pastikan supply daya ke T-Con seharusnya adalah 12V.
  2. Apabila tegangannya normal, ukurlah tegangan ke output driver LED dilanjutkan dengan mengecek backlight.
  • Pastikan juga kemungkinan lain seperti PCB, koneksi, serta hal-hal yang kemungkinan bisa membuat layar TV LED kamu jadi gelap.
  • Jika tegangannya tidak ada, lakukan pengukuran sebelum masuk IC. Ganti IC jika kamu menemukan saat voltase masuk ada, tapi voltase yang keluar tidak terukur.
  • Setelah mengganti IC driveri, biasanya tegangan yang terukur sekitar 50V.

Intinya, penyebab TV Samsung tidak ada gambar tetapi ada suara ini bisa diatasi dengan menganalisa satu-satu poin-poin kemungkinan yang mungkin terjadi terlebih dahulu. Karena untuk memperbaikinya akan bergantung pada hasil analisa yang dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here