Pembalap Afridza Munandar Meninggal Dunia, Ini Fakta-Faktanya

0
78
Afridza Munandar
Afridza Munandar pembalap muda Indonesia yang tewas di sirkuit Sepang. Malaysia.

agreatprtal.com, Duka mendalam dialami dunia balap motor Indonesia. Afridza Munandar pembalap muda meninggal dunia ketika tengah berlaga di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 2 November 2019. Ia mengalami kecelakaan yang sangat fatal di balapan pertama atau race 1 Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) di Sepang, Malaysia.

Pembalap kelahiran Tasikmalaya berusia 20 tahun ini mengalami kecelakaan ketika berada di tikungan 10 pada lap pertama. Usai tabrakan ini, Afridza mendapatkan penanganan pertama dari tim medis trek dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan menggunakan helikopter. Namun takdir berkata lai, pembalap muda ini harus meregang nyawa.

Berikut adalah sejumlah fakta tewasnya Afridza Munandar pembalap muda kebanggan Indonesia:

Kronologi

Kecelakaan yang menewaskan Afridza Munandar berlangsung begitu cepat. Kecelakaan yang terjadi di tikungan ke-10 lap pertama ATC 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pembalap muda asuhan Astra Honda Motor (AHM) ini terjatuh usai bersenggolan dengan pembalap yang berada di di depannya.

Afridza langsung terjatuh, dan ketika para tim medis melihat kejadian ini mereka langsung bergegas untuk menyelamatkannya dan pembalap lainnya yang bertabrakan dengan Afridza Munandar. Ia pun segera mendapatkan pertolongan pertama oleh para tim medis.

Dilihat dari luka yang dideritanya ini cukup parah, sehingga dirinya langsung dibawa ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan menggunakan helikopter. Usai kejadian ni, bendera merah atau red flag langsung dikibarkan sebagai tanda balapan dihentikan.

Balapan pun segera di hentikan, pembalap, staff dan penonton pun ikut menunggu kabar terbaru terkaiy kondisi Afridza. Namun takdir berkata lain, Afridza dinyatakan tewas akibat luka serius yang dideritanya pada bagian kepala.

Hasil Autopsi

Usai dinyatakan meninggal dunia, jasad Afridza Munandar langsung diautopsi. Autopsi ini pun dihadiri oleh penyidik dari Kantor Polisi Aero Polisi Kuala Lumpur International Airport (KLIA), pihak asuransi dari penyelenggaraan balapan, serta perwakilan Tim Asia Talent Cup (ATC) Indonesia atau Idemitsu Honda Indonesia.

Berdasarkan keterangan pihak penyidik, hasil autopsi menyebutkan bahwa kematian pembalap muda asal Indonesia ini karena adanya benturan keras pada bagian kepala di sisi sebelah kiri.

Selain itu, proses pemulangan jenazah telah diserahkan kepada perusahaan Kasket Paradibes yang telah ditunjuk oleh pihak asuransi. Rencananya jenazah Afridza Munandar akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin 4 November 2019 pukul 14.00 WIB.

Ucapan Duka Dari Pembalap Dunia

Kabar meninggalnya Afridza Munandar membuat seluruh dunia balap turut bersedih. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah pembalap MotoGP yang ikut menyampaikan rasa belasungkawa. Salah satunya adalah juara MotoGP 2019, Marc Marquez.

Afridza Munandar
Kabar meninggalnya Afridza Munandar mendapat perhatian pembalap kelas dunia.

Marc marquez mengunggah ucapan belasungkawanya di akun media sosial Instagram miliknya yaitu @marcmarquez93 ini mengunggah foto Afridza Munandar. Tak hanya Mar Marquez, pembalap dunia lainnya seperti Jorge Lorenzo, Alex Rins, dan yang lainnya pun juga ikut menyampaikan rada duka mereka. Bahkan, Valentino Rossi pun nampak menghadiri “minute of silence in memory of Afridza Munandar” yang diselenggarakan pada Minggu, 3 November 2019.

Prestasi

Afridza Munandar tergolong sebagai pembalap berprestasi ini telah mengumpulakn tujuh podium, yang tiga diantaranya merupakan kemenangan dan dua lainnya merupakan urutan kedua serta dua kali finis posisi ketika.

Jelang pekan balap di Sepang, Malaysia, Afridza telah menduduki peringkat ketiga pada klasemen pembalap dengan poin 142 angka, dan hanya tertinggal 27 poin dari Takuma Matsuya,a yang berada di posisi puncak.

Berikut adalah sejumlah penghargaan yang didapat Afridza Munandar:

  • Tahun 2013 : Juara Umum Jawa Barat MP5 dan Juara Umum MP6
  • Tahun 2014 : Juara Umum II Kejurnas MP kelas MP5 dan MP6
  • Tahun 2015 : Juara Kejurnas MP Seri V kelas MP3
  • Tahun 2016 : Medali Perak PON Jawa Barat
  • Tahun 2017 : Juara Nasional MP3 dan MP4
  • Tahun 2018 : Peringkat 10 Asian Talent Cup
  • Tahun 2019 : Peringkat 3 Asia Talent Cup                                                                               

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here