Pasien Covid-19 Gejala Ringan, Lakukan Tips Isolasi Mandiri Ini

0
7
isolasi mandiri
Pasien Covid-19 Gejala Ringan, Lakukan Tips Isolasi Mandiri Ini

agreatportal.com, Pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala biasanya akan disarankan isolasi mandiri dirumah oleh dokter. Tidak semua pasien Covid-19 harus menjalani perawatan di rumah sakit. Selain itu orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif atau telah berpergian keluar negeri atau kota juga disarankan untuk isolasi.

 Isolasi mandiri dapat dilakukan untuk memberikan ruang di rumah sakit bagi para penderita berat yang membutuhkan pertolongan medis. Menurut dr. Pompini Agustina Sp.P(K), isolasi mandiri di rumah sangat aman dilakukan asalkan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berikut adalah tips melakukan isolasi mandiri yang aman di rumah:

1. Terapkan protokol kesehatan

Ketika melakukan isolasi mandiri dirumah, maka juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker untuk penderita dan keluarga serumah, mencuci tangan berkala dan menjaga jarak antar anggota keluarga.

2. Tempatkan pasien di ruangan atau kamar tersendiri

Pasien atau yang menjalankan isolasi harus ditempatkan pada ruangan sendiri namun memiliki ventilasi yang baik, yakni, ruangan yang memiliki jendela dan pintu yang terbuka.

3. Batasi aktivitas

Pergerakan orang yang terinfeksi harus dibatasi dalam melakukan aktivitas dalam ruangan atau kamar tersendiri.

4. Minimalkan berbagi ruangan

Jika ada anggota keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri maka minimalisir penggunaan ruanagan bersamaan seperti kamar mandi dan dapur. Bila harus menggunakan, usahakan jangan bersamaan, dan pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik.

5. Jaga jarak

Anggota keluarga lain sebaiknya tidur di kamar terpisah dengan yang sedang isolasi. Akan tetapi bila tidak memungkinkan, maka jaga jarak minimal satu meter dari pasien dan tidur di kasur yang berbeda dengan pasien.

Bagi orang yang merawat pasien isolasi mandiri juga harus menjaga kesehatannya dengan baik. Jangan sampai imunitasnya turun dan mudah tertular. Tidak diizinkan juga ada yang menjenguk pasien sampai hasil test menyatakan negatif covid-19.

Selain itu menjaga protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan juga sangat penting diterapkan. Gunakan masker dengan tepat, serta pisahkan dan bersihkan barang yang terkontaminasi Sarung tangan, masker dan bahan-bahan sisa lain selama perawatan harus dibuang di tempat sampah dalam ruangan pasien yang kemudian ditutup rapat, sebelum dibuang sebagai kotoran infeksius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here