Mengenal Perbedaan antara Liga 1 dengan Liga 2 Indonesia

0
103
Perbedaan Liga 1 dan Liga 2
Liga 1 dan Liga 2 adalah kompetisi sepak bola dengan kasta tertinggi di Indonesia

agreatportal.com, Liga Indonesia diubah secara besar-besaran sejak musim 2018. Sejak saat itu ada empat level kompetisi sepak bola yang ada di Indonesia. Keempatnya adalah Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Liga 4. Sistem kompetisi seperti ini sebenarnya sempat diterapkan beberapa waktu yang lalu. Terakhir kali pada tahun 2013 sebelum diadakan peleburan pada tiga kompetisi amatir.

Pembagian kompetisi sepak bola Indonesia menjadi empat level merupakan langkah baik yang perlu diapresiasi. PSSI (Pesatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) berusaha melakukan perubahan untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Apalagi penggunaan nama berdasarkan urutan angka juga mempermudah masyarakat untuk sedikit memahami sistem sepak bola di Indonesia ini.

Keempat level kompetisi tersebut menjadi program PSSI pada masa kepemimpinan Edy Rahmayadi. Liga 1 dan Liga 2 adalah kompetisi yang berskala nasional tanpa menyentuh skala provinsi ataupun regional. Berbeda dengan kedua kompetisi lainnya, yaitu Liga 3 dan Liga 4 yang harus melalui seleksi provinsi, regional baru nasional.

Dua kompetisi dengan kasta tertinggi di Indonesia ini sangat digandrungi tim sepak bola Indonesia. Keduanya juga menerapkan sistem degradasi dan promosi. Namun, masih ada masyarakat awam yang belum memahami perbedaan di antara keduanya kompetisi tersebut.

Berikut adalah perbedaan dua Liga Indonesia antara Liga 1 dengan Liga 2, yaitu:

1.Liga 1

Kompetisi dengan kasta tertinggi di Indonesia adalah Liga 1. Pada kompetisi ini ada 18 tim sepak bola yang ikut bertanding. Penggunaan nama kompetisi sudah dimulai sejak 15 April 2017 dimana sebelumnya dikenal dengan ISL (Indonesia Super League atau Liga Super Indonesia).

Kompetisi ini berlangsung selama Maret sampai dengan November. Peserta terdiri dari 18 tim yang dinobatkan sebagai pemegang saham utama PT. Liga Indonesia Baru. Masing-masing tim akan melakukan permainan tandang dan kandang sebanyak 34 pertandingan.

Masig-masing tim akan dihitung jumlah poin setelah melakukan 34 kali pertandingan tersebut. tim yang memperoleh poin tertinggi akan dinobatkan sebagai juara kompetisi. Apabila tim memperoleh jumlah poin sama, maka akan dihitung berdasarkan selisih jumlah gol. Juara 1 akan mewakili Indonesia di babak penyisihan Liga Champions Asia. Dan apabila berhasil lolos, maka juara 2 dan juara 3 akan mewakili Indonesia di Piala AFC. Sedangkan 3 tim yang memperoleh poin terendah harus rela bertukar posisi dengan 3 tim juara dari Liga 2.

Liga 2 dulunya kasta tertinggi
Liga 2 kini hanya menduduki posisi kedua padahal dulu merupakan liga utama Indonesia.

2.Liga 2

Liga 2 sebagai kasta tertinggi kedua telah dimulai pada tanggal 19 April 2017. Diadakan tepat pada hari ulang tahun PSSI dan di tahun yang sama dengan penyelenggaraan Liga 1. Namun ada perbedaan yang terjadi antara tahun 2017 dengan tahun-tahun selanjutnya.

Liga 2 pada awalnya diikuti 60 tim sepak bola. Pada tahun 2018 jumlah tersebut direduksi menjadi 24 tim. Pesertanya terdiri dari 13 tim dari babak 16 besar, 6 tim terbaik dari delapan grup dengan peringkat dua di bawah tim yang lolos ke 16 besar, serta 3 tim yang terdegradasi dari Liga 1. Awalnya kompetisi ini dinamakan Divisi Utama Liga Indonesia yang merupakan kasta tertinggi di Indonesia pada waktu itu.

Divisi Utama Liga Indonesia yang sekarang dikenal dengan Liga 2 merupakan kompetisi dengan level tertinggi di Indonesia waktu itu. Ini merupakan gabungan antara kompetisi Perserikatan dan kompetisi Galatama pada tahun 1994. Maksud penggabungan ini adalah untuk menyatukan fanatisme yang ada di kompetisi Perserikatan dengan profesionalisme yang ada pada kompetisi Galatama. Tujuan akhirnya tidak lain dan tidak bukan adalah peningkatan kualitas sepak bola Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here