Laga Timnas Indonesia di Piala Dunia Ditunda, Liga 1 Dilanjutkan

0
113
timnas indonesia
Laga Timnas Indonesia di Piala Dunia Ditunda, Liga 1 Dilanjutkan

agreatportal.com, Timnas Indonesia seharusnya akan menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 akhir Maret ini. Tim Garuda akan bertanding di Thailand pada 26 Maret, lalu menjamu Uni Emirat Arab pada 31 Maret. Namun seluruh agenda itu dipastikan ditunda karena ancaman virus corona. Timnas pun tak perlu menggelar pemusatan latihan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator berencana memajukan jadwal Shopee Liga 1 2020. ILB ingin memanfaatkan kekosongan jadwal itu. PT LIB akan mengundang klub-klub untuk membahas kemungkinan mengisi periode tersebut dengan pertandingan.

Hal itu disambut positif oleh Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. Robert menilai opsi mengisi periode FIFA Matchday yang ditunda dengan partai liga cukup bagus, dengan Malaysia juga berencana melakukan hal serupa.

“Tapi bisa saja kami tidak perlu melakukan break. Karena kabar terbaru laga tim nasional ditunda, jadi mungkin saja liga bisa terus berjalan,” ujar Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (12/3).

Meski demikian, bukan berarti Robert abai dengan ancaman virus corona. Ia percaya dengan langkah-langkah antisipasi yang baik, risiko bisa ditekan

“Tidak ada yang mau terkena penyakit ini. Kabar terbaru saya dengar pemain Juventus (terinfeksi), lalu pemain Hannover di Jerman juga, jadi semua berjalan begitu cepat. Seperti saya katakan pekan lalu, kami harus waspada dengan itu dan peduli sebisa mungkin,” imbuh pelatih asal Negeri Kincir Angin tersebut.

Seperti diketahui, agenda timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada akhir Maret ini mengalami penundaan karena ancaman virus corona. Padahal di periode itu, PT LIB dan PSSI sudah sedemikian rupa mengosongkan jadwal Shopee Liga 1 agar tak ada benturan kepentingan antara timnas dan klub.

Tiga pertandingan Timnas Indonesia awalnya adalah melawat ke markas Vietnam (26/3/2020), Uni Emirat Arab (31/3/2020), dan tandang ke Vietnam (4/6/2020). Tiga pertandingan itu secara berurutan ditunda ke tanggal 8 dan 13 Oktober, serta 12 November.

“Penundaan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya digelar pada bulan Maret dan Juni oleh FIFA ditunda ke bulan Oktober dan November karena imbas dari maraknya kasus penyebaran virus Corona,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sujarno, Kamis (12/3/2020).

Pertimbangan PSSI memajukan jadwal agar Liga 1 tetap bisa berakhir sesuai jadwal, dengan pekan terakhir kompetisi adalah 31 Oktober. Sehingga Timnas Indonesia nantinya tak terlalu kesulitan menyusun agenda jelang akhir tahun. “PSSI meminta kepada LIB untuk mengisi slot 16 – 31 Maret dengan pertandingan Liga 1. Dengan mengisi slot tersebut diharapkan akhir dari kompetisi liga 1 dapat selesai sesuai jadwal yaitu akhir Oktober 2020 karena setelah Oktober dipastikan agenda sangat padat,” tuturnya mengakhiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here