Tinju Dunia: Kisah Tyson Fury dan Jadwal Pertarungan Sang Raja Gypsy

0
106
Tyson Fury
Jadwal pertarungan Tyson Fury

Agreatportal.com, Tyson Fury merupakan petinju yang sudah besar namanya. Meski sempat absen dari dunia adu jotos, kini dia telah kembali naik ring lagi. Pertandingan demi pertandingan akan kembali dia lakoni.

Tyson berasal dari keluarga Gypsy atau pengembara asal Irlandia. Latar belakang ini sedikit banyak member pengaruh pada karakter dirinya yang keras dan terbuka. Tak heran jika dirinya sering terlibat perseteruan kontroversial, baik itu karena ucapan maupun tindakannya.

Publik tentu masih mengingat bahwa di tahun 2015 silam, Fury harus kehilangan gelar juaranya usai melawan Wladimir Klitschko. Bukan karena dirinya kalah, tetapi karena kasus penggunaan obat-obatan terlarang.

Usai memenangi laga melawan Klitschko, petinju yang berjuluk Raja Gypsy ini menjadi salah satu petinju terbesar dan termahal dunia. Penghasilannya mencapai 31 juta pound sterling atau Rp 556 milyar. Kemudian, dia mengalami cedera kaki saat kembali melawan Wladimir. Ia menggunakan obat pembesar otot yang dilarang penggunaannya dalam pertandingan olahraga.

Tyson sempat mengalami depresi berat bahkan berpikir untuk mengakhiri hidupnya dengan menabrakkan diri melewati pembatas tebing. Dia juga mengonsumsi alcohol serta narkoba sebagai pelariannya. Namun, keluarga dan Istri tetap setia dan memberikan dukungan agar dirinya segera pulih dengan rutin ikut berbagai program konsultasi psikologi.

Kesehatan Tyson akhirnya membaik melalui olahraga dan program yang diikutinya. Iman yang kuat juga turut membantu Raja Gypsy melewati keterpurukan dan kembali ke arena tinju sejak Desember 2018.  Bahkan pada Februari lalu, Tyson baru saja dikaruniai anak kelima dari pernikahannya dengan Paris, sang istri.

Masa-masa sulit tersebut juga mengajarkan Tyson untuk berbuat baik pada sesama. Menurut kabarnya, petinju berusia 30 tahun ini sudah menyumbangkan separuh hartanya untuk badan amal.

Laga Melawan Deontay Wilder

Jadwal Pertandingan Tyson Fury
Jadwal Pertandingan Tyson Fury hingga Februari 2020

Tyson akan kembali melakoni pertarungan ulang melawan juara dunia kelas berat versi WBC (World Boxing Council), Deontay Wilder. Pertarungan tersebut akan dilaksakan pada 22 Februari tahun 2020.

Sebelumnya, kedua petinju ini sudah menjalani pertarungan sengit pada Desember 2018 di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun, tidak ada yang menjadi pemenang pada adu jotos tersebut karena keduanya seri.

Meskipun mengendalikan pertarungan, namun petinju berusia 30 tahun tersebut sempat terjatuh dua kali, termasuk sekali di ronde ke-12 sehingga menjadi penentu gagalnya Fury meraih kemenangan. Petinju asal Inggris tersebut begitu yakin bisa mengalahkan KO Wilder, seperti yang diucapkannya dalam sebuah acara di Alhambra Theatre, Bradford.

Begitupun dengan Wilder, dia sudah dijadwalkan untuk menggelar tarung ulang lainnya melawan Luis Ortiz. Wilder juga sudah sesumbar akan menghadapi Fury setelah melawan petinju asal Kuba tersebut.

Pertarungan Bulan Oktober Melawan Jarrel Miller

Sebelum berhadapan dengan Wilder, terlebih dahulu Tyson akan melawan Jarrel Miller dalam duel tinju dunia kelas berat pada tanggal 5 Oktober 2019 nanti. Pertarungan ini akan digelar di New York, kandang Jarrel Miller. Semenjak tahun 2013, akhirnya Fury kembali ke kota tersebut untuk kali pertama.

Petinju asal Inggris ini menyebut bahwa bertarung melawan Miller merupakan posisi tertinggi yang tersedia, melihat dia merupakan petinju terbaik nomor tiga di Amerika.

Beberapa waktu lalu, Fury baru meraih kemenangan saat melawan Tom Schwarz di Las Vegas. Sementara sang lawan, Miller, gagal bertanding melawan Anthony Joshua karena kasus doping yag melilitnya. Akhirnya Joshua bertarung melawan Andy Ruiz Jr yang berhasil memenangkan pertarungan.

Jika menilik ke belakang, Tyson Fury pernah dihukum akibat menggunakan doping yang membuat gelar juaranya setelah mengahdapi Wladimir Klitschko dicabut. Waktu-waktu tersebut merupakan masa tersulit dalam hidupnya dan membuat dirinya juga harus kehilangan gelar. Sehingga pertarungan melawan Miller nanti akan menjadi pertandingan antara dua petinju yang pernah terlibat masalah doping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here