Jadwal MotoGP 2019: Marquez Incar Kemenangan Ketujuh

0
183
Jadwal MotoGP 2019 ketiga di Austin, Amerika Serikat

Agreatportal.com, Jadwal MotoGP 2019 di pekan ketiga akan berlangsung di Circuit of The Americas yang terletak di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada Senin dini hari, 15 April 2019 waktu Indonesia. Marc Marquez diprediksi masih akan mendominasi balapan sebab sejak 2013 lalu, Marc Marquez selalu merajai sirkuit Amerika Serikat ini.

Sirkuit ini akan menjadi saksi persaingan dari ketiga pembalap yang bersaing memperebutkan klasemen kejuaraan balapan di musim 2019 ini. Posisi pertama di tabel klasemen sementara masih ditempati Rider Repsol Honda, Marquez, disusul Dovizioso, dan Valentino Rossi.

Jadwal MotoGP 2019 ketiga digelar di Sirkuit Americas
Jadwal MotoGP 2019 ketiga akhir pekan ini

Latihan bebas 1 dimulai dari hari Jumat, 12 April 2019, dilanjutkan dengan latihan bebas 2 dan 3 di hari Sabtu, 13 April 2019. Sedangkan hari Minggu, 14 April 2019 dijadwalkan latihan bebas 4, dilanjutkan kualifikasi 1 dan kualifikasi 2 serta pemanasan. Baru di hari Senin, 15 April 2019 balapan diselenggarakan.

Duo pembalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales bertekad ingin mematahkan dominasi Marc Marquez. Marquez makin percaya diri karena dia baru memenangi balapan di Argentina sebelumnya.

Valentino Rossi absen meraih podium sejak balapan di Jerman 2018 dan baru kembali naik podium lagi pada GP Argentina akhir bulan lalu. Kemenangan itu juga jadi momentum kebangkitan bagi pebalap berusia 40 tahun tersebut untuk menunjukkan kehebatannya menghentikan Marquez.

Sejak mulai digunakan tahun 2013 silam, pebalap asal Italia itu baru dua kali naik podium di MotoGP Amerika, posisi ketiga tahun 2015 dan posisi kedua di tahun 2017. Sedangkan di musim kemaren, The Doctor harus puas finish di peringkat keempat di sirkuit dengan panjang 5.513 meter itu.

Berbeda dengan rekan satu timnya, Maverick Vinales yang terakhir kali naik podium di Austin di musim 2018, saat itu dia finish posisi kedua setelah Marquez. Kondisi Vinales juga tidak mengalami cedera pasca terjatuh di Argentina di lap terakhir. Sehingga dia siap untuk menghadapi race di Austin.

Vinales juga menyebut Sirkuit Americas merupakan trek yang dia sukai dan merasa bagus dengan motornya. Vinales mengingat dia punya kenangan yang baik dengan sirkuit Americas ini, sehingga dia akan menikmati balapan akhir pekan ini.

Kedua pebalap Yamaha ini bertekad untuk bisa mengalahkan Marc Marquez yang menjadi raja tunggal di The Americas dengan memenangi semua balapan yang digelar di sana dalam enam seri.

Marc Marquez sendiri tentu saja bersemangat menghadapi race kediga musim ini di Austin. Pasalnya sirkuit ini merupakan lintasan favorit bagi The Baby Alien. Tentu saja Marquez berambisi untuk mengejar kemenangan ketujuh di Sirkuit Americas ini. Bahkan untuk pole position, enam kali berturut-turut dikuasai Marquez.

Pergelaran balapan di Circuit of The Americas nanti juga akan ada sesi acara untuk mengenang almarhum Nicky Hayden. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Presiden FIM Jrge Viegas akan melakukan upacara pelepasan nomor 69 yang selalu digunakan Hayden selama karirnya di lintasan balapan. Upacara pelepasan ini akan dimulai Jumat siang, 12 April 2019 waktu setempat.

Sementara seluruh kru pergelaran balapan Amerika ini pada sore harinya akan meresmikan tikungan 18 di The Americas sebagai Hayden Hills. Tidak hanya itu, pada Minggu, 14 April 2019, seluruh keluarga Hayden dijadwalkan hadir dan akan berada di grid bersama motor milik Hayden, Honda RC212V, yang pernah membawa Hayden juara dunia MotoGP tahun 2006 silam. Saat itu Hayden sukses mengalahkan seteru beratnya, Valentino Rossi yang bergabung dengan tim Yamaha.

Dalam keikutsertaannya pada balapan MotoGP dalam kurun waktu tahun 2003-2015, Hayden telah memenangi 3 seri dan 28 kali podium. Tidak hanya menjadi juara MotoGP, Hayden juga tercatat pernah memenangi Superbike WSBK 2016.

Namun pada 17 Mei 2017 lalu, Hayden mengalami kecelakaan karena ditabrak mobil ketika bersepeda di Misano, Italia. Hingga pada 22 Mei, pebalap asal Owensboro, Amerika Serikat ini meninggal dunia di usia 35 tahun setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit yang ada di Italia.

Tentu jadwal MotoGP 2019 ketiga di Amerika Serikat ini patut untuk dinantikan para pecinta balapan seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here