Ini Fakta Sirkuit Mandalika Lombok Jadi Arena Balap MotoGP 2021

0
32

agreatportal.com, Indonesia kini perlu berbangga diri. Menjadi salah satu tuan rumah untuk ajang bapal motor terbesar di dunia seperti MotoGP adalah sebuah pencapaian tinggi lho. Balapan MotoGP akan berlokasi di Sirkuit Mandalika

Berikut adalah fakta seputar Sirkuit Mandalika yang bakal jadi lokasi balapan MotoGP

Alasan Dipilihnya Mandalika Jadi Lokasi Sirkuit

Banyak pihak yang menanyakan, menagapa Mandalika dijadikan pilihan tempat membangun sirkuit kelas dunia, padahal sudah ada Sirkuit Sentul.

Rupanya daerah Mandalika dipilih sebagai tempat pembangunan sirkuit kelas dunia ini karena telah menawarkan panorma yang indah yaitu sebuah lagun, solar cell farm, lapangan golf, area komersil, dan perkotaan. Selain itu Mandalika ini terletak dekat dengan Samudera Hindia yang menawarkan bentangan lautan indah. Ketika kejuaraan MotoGP digelar makan diproyeksikan akan menarik kuncjungan wisatawan sebanyak 100 ribu hingga 150 ribu orang perhari.

Lokasi Sirkuit dan Lokasi Wisata

Dikethaui jika sirkuit ini berada di Mandalika yang merupakan kawasan wisata dengan luas 1.035 hektar dan berlokasi di Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat. Sejak tahun 2017, Mandalika telah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan bisa menjadi tempat liburan yang representatif di Lombok. Hal ini karena lokasi ini dilengkapi dengan sejumlah hotel serta beragam fasilitas rekreasi.

Selain itu, di lokasi ini terdapat 7 spot wisata alam yang mempesona dan menarik perhatian. Spot wisata alam itu antara lain Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, spot wisata batu payung, dan Pantai Gerepuk.

Pengembangan Sirkuit dan Waktu pembangunan

Proses pembangunan sirkuit Mandalika ini dilakukan oleh Indonesia Toursim Development Corporation (ITC) serta anak perusahaan konstruksi global dari Prancis, Vinci Construction Grands Projects (VCGP).

Selain itu, untuk waktu pembangunan sirkuit ini Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Nugrah Wirawan mengatakan jika pembangunan badan jalan dimulai pada Oktiber 2019. Pembangunan badan jalan ini diperkirakan memakan waktu 6-9 bulan dan akan selesai pada semeter II tahun 2020. Ada bebrapa terowongan yang akan dibuat, dan diakhir tahun 2020 akan dilakukan uji kelayakan.

Biaya Pembangunan

Anggaran Sirkuit Mandalika yang termasuk sirkuit jalan raya ini diketahui membutuhkan investasi sebesar Rp 4,54 triliun dalam jangka waktu 7 tahun ke depan. Akan tetapi, uang yang dibelanjakan Rp 3,6 triliun akan habis terserap dalam 3 tahun hingga 2021.

Desain Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika imemiliki lintasan sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan dan satu lintasan lurus. Sebagai sarana penunjangnya sirkuit akan dibangun di area paddock yang nantinya akan dibangun 40 garasi yang nantinya akan digunakan sebagai tempat operasional tim yang ikut serta dalam balapan.

Selain itu, sirkuti ini memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk untuk penonton dan 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang bisa menampung 7.700 penonton.

Jadi Lokasi Pertama Pagelaran MotoGP di Indonesia Sejak 1997

Indonesia akhirnya kembali menjadi tuan rumah pagelaran MotoGP sejak 1997 silam. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP yaitu pada 1997 atau tepatnya 22 tahun silam yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul.

Saat itu, kelas MotoGP masih dengan format 500cc. Juara dunia sembilan kali seperti Valentino Rossi pun tampil sebagai pemenang di kelas 125 cc. Max Biaggi juga memenangkan piala pada kelas 250 cc. Untuk kelas tertinggi dimenangkan oleh tadayuki Okada yang berasal dari Jepang.

Itu adalah sejumlah fakta tentang Sirkuit Mandalika yang bakal menjadi tuan rumah ajang balapan kelas dunia yang nantinya juga bisa mendatangkan wisatawan mancanegara guna mengisi devisa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here