Honda PCX Elektrik Mulai Di Uji Coba di Indonesia

0
52
Honda PCX

Agreatportal.com, Kadar polusi yang semakin meningkan membuat sejumlah perusahaan terutama kendaraan bermotor untuk menciptakan dan memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah perusahaan PT Atra Honda Motor (AHM) yang memperkenalkan skutik premium Honda yaitu  All New Honda PCX 150 yang akan diproduksi di Indonesia. AHM menawarkan dua tipe yaitu  ABS dan CBS. Kedua tipe ini telah disematkan fitur baru yakni Rear Disc Brake.

Kehadiran All New Honda PCX 150 produksi anak bangsa ini telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya mereka yang menyukai jenis motor skutik. Hal ini motor skutik elektirk ini hadir dengan desain yang nyaman digunakan, elegan dan tampilan yang mewah. Hal yang membuat tampilan mewah dari skutik ini adalah desain bodi samping yang memiliki kontur yang baru, lalu desain lampu depan dan belakang yang meningkatkan tampilan mewah dari All New Honda PCX 150.

Selain itu, skutik ini pun semakin canggih dengan adanya fitur baru yaitu full digital panel meter yang menghadirkan multi informasi dalam satu panel serta Smat Key System terbaru yang terintegrasi dengan alarm dan Answer Back.

Guna membuat pengalaman berkendara yang nyaman, skuteik ini dilengkapi dengan fitur terbaru lainnya yaitu Anti-Lock Braking System (ABS). Pada tipe ini, desain velg baru, ban yang lebih lebar yaitu berukuran 100/80-14 untuk bagian depan, serta 120/70-14 untuk bagian belakang. Wheel base juga di desain lebih pendek dengan ukuran 1.313mm yang memberikan kemudahan pengendalian bagi pengendara.

Namun kehadirannya belum bisa dirasakan oleh semua masyarakat karena pemasarannya yang belum dilakukan untuk masyarakat luas. Motor ini hanya bisa disewakan saja. Pihak dari AHM juga mengatakan jika PCX listrik ini hanya disewakan saja, karena mereka ingin memperlajari usafe dari konsumen seperti cara konsumen memakai baterai, serta mempelajari kebiasaan konsumen terhapad PCX listrik tersebut.

AHM saat ini tengah menimbang-nimbang untuk memproduksi All New Honda PCX 150 ini secara massal, terlebih juga soal regulasi kendaraan listrik yang belum terlihat jelas.

Uji coba tehadap Honda PCX elektrik ini pun terus dilakukan, salah satunya adalh bekerja sama dengan salah satu penyedia transportasi online anak bangsa yaitu Gojek. Astra dan Gojek menjalin kerja sama untuk menginisiasi pilot project penggunaan motor listik atau electric vehicle (EV) di Indonesia. Gojek menjadikan Honda PCX sebagai salah satu armada transportasi online.

Astra berkolaborasi dengan Gojek dalam uji coba Honda PCX.

Kolaborasi yang dilakukan ini menurut Direktur Astra Paulus Bambang Widjarnako adalah suatu bentuk nyata dari kerja sama antara dua perusahaan nasional. Hal ini karena Astra dengan pengalamannya di bidang otomotif khususnya di segmen roda dua, serta Gojek yang merupakan platform teknologi on-demand yang terdepan di Indonesia adalah perbaduan yang pas.

Tujuan  dari adanya uji coba ini adalah untuk mengetahui biaya operasional yang dibutuhkan dalam penggunaannya. Selain itu era kendaraan listrik pun juga tak luput dari perhatian, karena terbukti lewat adanya uji coba motor tersebut dan penggunaan platform ojek online ini guna membidik pangsa baru.

Dilansir dari Otomania.com, hasil dari uji coba ini adalah adanya penghematan bahan bakar. Hal ini karena pengguna tidak perlu mengisi bensin tetapi mereka hanya perlu mencharge baterai motor dengan cara mencoloknya ke stop kontak listrik untuk mengisi daya yang dibutuhkan.

Honda PCX ini menggunakan dua baterai lithium-ion yang masing-masing memiliki daya 50,4 V dengan densitas tinggi yang terpasang secara serial. Konstruksi motor listik ini menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) guna mendapatkan efisiensi energi dan performa motor listrik yang optimal.

Durasi pengisian baterai kosong hingga penuh dua buah Honda Mobile Power Pack adalah 4 jam jika menggunakan pengisi daya opsional yaitu dengan metode off-board. Sedangkan untuk pengisian dengan sistem on-board atau terkoneksi langsung dengan listrik waktu yang dibutuhkan adalah 6 jam.

Dengan kapasitas baterai ini, motor dapat menghasilkan output maksimun yaitu 4,2 kW yang didapat sejak putaran rendah dan torsi maksimal 18 Nm di 500 rpm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here