Hasil Copa America 2019: Brasil Keluar Sebagai Juara, Berikut Fakta Menariknya

0
102
Hasil Copa America 2019, Brasil jadi juara
Hasil Copa America 2019, Brasil jadi juara

Agreatportal.com, Hasil Copa America 2019 melahirkan Timnas Brasil jadi juara selepas mengalahkan Peru 3-1 dalam laga final yang digelar di stadion Maracana, Rio de Janeiro pada Senin, 8 Juli 2019 dinihari waktu Indonesia bagian barat.

Jalannya pertandingan

Di babak pertama final Copa America 2019, tuan rumah Brasil lebih dulu unggul dengan skor 2-1. Everton Soares berhasil membobol gawang Peru di menit 15 berkat umpan silang yang dikirimkan Gabriel Jesus.

Lalu, Peru sempat membuat keunggulan menjadi sama berkat penalty Paolo Guerrero pada menit 44. Namun, di pertambahan waktu babak pertama, Gabriel Jesus kembali membawa Brasil unggul dengan skor 2-1 persisnya di menit 45+3.

Brasil bermain jauh lebih fleksibel di babak kedua. Alur bola dari setiap kaki para pemain bergulir lebih cepat. Berkali-kali timnas Brasil sempat membahayakan gawang Peru dengan sejumlah peluang yang berhasil diciptakan.

Di menit 51, Philippe Coutinho nyaris memberikan skor untuk timnya. Tendangan spekulasinya melayang tipis di sisi kanan atas gawang Peru.

Baik Peru maupun Brasil sama-sama mengandalkan serangan balik cepat. Bedanya Brasil lebih bisa memainkan operan-operan pendek dari hampir semua lini. Sementara Peru lebih memilih untuk memainkan menekan pertahanan lawannya dengan operan lambung.

Namun saying, Gabriel Jesus mendapat ganjaran harus meninggalkan lapangan di menit ke-70 setelah wasit Roberto Tobar mengganjarnya dengan kartu kuning kedua akibat melanggar Luis Advincula. Kondisi ini menguntungkan Peru dari sisi jumlah pemain tentunya.

Unggul jumlah pemain membuat Peru semakin meningkatkan intensitas serangan. Di menit ke-73, Miguel Trauco melakukan percobaan membobol gawang Brasil. Saying, sepakannya berhasil diblok dan membuahkan sepakan pojok saja.

Berselang satu menit, giliran Edison Flores yang mencoba peruntungannya dengan menembak keras dengan kaki kiri dari luar kotak penalty. Tapi tendangan tersebut menyamping ke sisi kiri gawang Alisson Becker.

Di menit ke-86, Brasil mendapat hadiah penalty dari wasit setelah bek Carlos Zambrano melakukan pelanggaran pada Everton Soares akibat akselerasinya masuk ke pertahanan Peru hingga masuk ke kotak Penalti.

Hasil Copa America 2019
Hasil Copa America 2019

Agar semakin yakin, wasit Roberto Tobar melihat insiden tersebut melalui VAR sebelum memutuskan hadiah penalty untuk Brasil. Richarlison selaku algojo yang mengeksekusi penalty dengan sukses menyarangkan bola ke gawang Peru di menit ke-90. Meski tendangan kea rah kiri gawang sempat terbaca oleh kipper Galesse, namun bola bergulir lebih cepat dan membuat skor Brasil bertambah menjadi 3-1.

Dengan hasil ini, Brasil keluar menjadi pemenang atas Peru dan keluar menjadi juara Copa America 2019.

Fakta Menarik Usai Brasil Menjadi Pemenang Copa America

  • Brasil selalu sukses memenangi lima laga final Copa America terakhir yang mereka ikuti. Kekalahan terakhir yang mereka derita ketika di final adalah tahun 1995 yang diselenggarakan di Uruguay saat adu penalty.
  • Striker Brasil merupakan pemain pertama sepanjang sejarah yang berhasil mencetak gol di partai final dan kemudian mendapat kartu merah.
  • Richarlison bomber Brasil, menjadi pemain pengganti kelima dalam partai final Copa America yang berhasil mencetak gol. Rekor ini pernah diciptakan oleh Pablo Bengoechea (1995 dari Uruguay), Ze Roberto (1997 dari Brasil), Cesar Delgado (2004 dari Argentina), dan Dani Alves (2007 dari Brasil).
  • Tite merupakan pelatih pertama yang behasil menyandingkan koleksi gelar Copa America  (bersama timnas Brasil – 2019), Copa Libertadores (bersama Corinthians – 2012) dan Copa Sudamericana (bersama Internacional – 2008).
  • Rekor tidak kebobolan milik lisson, kipper Brasil, akhirnya terpecahkan di laga final Copa America melawan Peru pada Senin dini hari setelah sebelumnya berhasil clean sheet selama 889 menit di semua kompetisi.

Hasil Copa America 2019 ini menjadi modal penting bagi timnas Brasil dan semakin percaya diri menghadapi sejumlah laga dan kompetisi dunia yang akan berlangsung selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here