Google Classroom Jadi Aplikasi Terpopuler, Mudahkan Guru dan Siswa

0
30
Google Classroom
Google Classroom Jadi Aplikasi Terpopuler, Mudahkan Guru dan Siswa

agreatportal.com, Aplikasi belajar dan meeting online seperti Google Classroom, zoom dan sebagainya mendadak fenomenal di masa pandemi Covid-19. Pandemi membuat semua orang harus melakukan kegiatan dari rumah saja, tidak terkecuali mahasiswa dan siswa. Berdasarkan data dari AppBrain’s, jumlah unduhan atas Google Classroom melonjak begitu tajam selama pandemic mencapai lebih dari 50 juta kali.

Tak hanya di Amerika Serikat, aplikasi Google Classroom juga diunduh oleh banyak orang di seluruh dunia. Paling banyak diunduh di Indonesia, Meksiko, Kanada, Finlandia, Italia, dan Polandia. Sehingga aplikasi ini kini masuk 5 top aplikasi paling populer.

Penggunaan aplikasi belajar ini banyak diaplikasikan di sarana sekolah. Guru merasa termudahkan dengan adanya aplikasi ini untuk memberikan materi kepada siswa-siswi secara jarak jauh atau virtual. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa digunakan.

fitur baru terupdate dari aplikasi ini yaitu integrasi dengan Google Calendar. Melalui fitur tersebut, secara otomatis Google akan membuat sebuah kalender untuk setiap kelas di setiap hari guru mengajar. Kalender ini juga bisa diakses baik dari Google Calendar.

 Di samping itu, guru juga dapat menggunakan kembali posting tugas mereka di beberapa kelas. Para guru hanya cukup menekan tombol “Reuse post” lalu pilih kelas di mana posting tersebut dipublikasikan, kemudian di edit sesuai keperluan, seperti menambah pertanyaan. Dengan begitu, guru dapat memilih materi dari kelas lain yang mereka ajar untuk disampaikan kembali di kelas yang berbeda.

Lebih lanjut, guru juga akan dapat mempublikasikan pertanyaan kepada siswa-siswi saat mengajar. Hal itu membuat kegiatan belajar mengajar bisa saling diskusi dengan memungkinkan siswa menanggapi komentar beralur terhadap masing-masing jawaban yang disampaikan. Aplikasi Classroom ini juga menyediakan data tentang jumlah siswa yang menjawab dan tidak menjawab, sehingga membantu meningkatkan partisipasi siswa di kelas.

Selain itu, update besar-besaran Google Classroom ini juga menawarkan beberapa trik berguna lainnya, antara lain guru dapat dengan mudah menyetel posting ke posisi atas, menetapkan materi tanpa memerlukan tenggat waktu, atau melampirkan Google Form di sebuah posting untuk membuat semacam kuis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here