5 Fakta Menarik Mengenai Formula E Jakarta 2020

0
35
Formula E Jakarta
Formula E Jakarta digelar pada 6 Juni 2020

Agreatportal.com, Secara resmi balapan mobil listrik Formula E di Jakarta digelar tahun depan. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta tim dari Federation International Automobil (FIA).

FIA Formula E Championship atau lebih dikenal dengan Formula E adalah balap mobil listrik dimana hanya terdapat kursi tunggal di dalamnya. Kejuaraan yang sudah digagas tahun 2012 ini menggelar musim perdana di Beijing pada September 2014 lalu.

Ada beberapa hal yang disampaikan terkait pelaksanaan event balap internasional ini secara teknis. Berikut rangkuman fakta terkait Formula E 2020.

1. Digelar Juni 2020

Kejuaraan balap mobil listrik season 6 akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020 di Jakarta. Ajang ini juga sekaligus menjadi kampanye Jakarta sebagai kota bebas emisi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong agar masyarakat mmilih menggunakan kendaraan berbasis energi sustainable termasuk energi berbasis listrik.

2. Dilaksanakan 5 Tahun Berturut-turut

Balapan mobil internasional ini rencananya akan digelar selama 5 tahun berturut-turut hingga 2024. Hal itu karena pemanfaatan infrastruktur yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu bisa menjadi destinasi wisata.

Bila hanya sekali saja, tentu infrastruktur yang sudah dibangun jadi sia-sia. Infrastruktur ini bisa dijadikan investasi bila digelar menjadi event tahunan.

Tidak hanya itu saja, event ini diharapkan mampu menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

3. Dilaksanakan di Kawasan Monas

Formula E 2020 nanti akan digelar di kawasan Monas, Jakarta. Untuk trek balapan mobil listrik di sirkuit jalan raya perkotaan masih didiskusikan. Baru akan diumumkan kemudian.

Meski belum pasti trek mana yang digunakan, namun Anies memastikan bahwa pergelaran balap mobil internasional ini sendiri akan dilangsungkan di kawasan Monumen Nasional.

4. Dipastikan Tidak Mengganggu Lalu Lintas

Formula E 2020
Balapan Formula E Jakarta

Anies menjamin perhelatan balap internasional tidak akan mengganggu arus lalu lintas meskipun dilaksanakan di Monas. Informasi mengenai adanya penutupan jalan atau tidak, akan diumumkan nanti. Meskipun menurut perhitungan, diperkirakan tidak akan terlalu mengganggu lalu lintas.

Dalam pelaksanaan Formula E di Jakarta ini ada tiga komitmen yang akan ditaati. Pertama, mengupayakan tidak memangkas pohon atau sesedikit mungkin mengganggu tanaman. Kedua, diupayakan tidak banyak mengubah rute-rute lalu lintas di Ibu Kota. Ketiga, mengeluarkan biaya tambahan membangun trek balapan seminim mungkin.

5. Kampanye Mobil Listrik

Sebenarnya penyelenggaraan dari balapan mobil listrik ini tidak hanya sekadar memboyong event internasional ke Indonesia. Namun, tujuan utama dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkaitan dengan lingkungan hidup. Agar mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

Tujuan kedua adalah untuk tujuan ekonomi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa gelaran ini diperkirakan menggerakkan perekonomian Jakarta hingga Rp 1,2 triliun.

Balap Formula E tidak cuma kegiatan olahraga, namun juga menjadi destinasi wisata yang akan menggerakkan perekonomian warga dari banyak sektor. Sehingga dinilai mampu meningkatkan pendapatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here