Fakta Menarik Darije Kalezic: Pelatih PSM Makassar

0
44
Darije Kalezic sang pelatih PSM Makassar
Berikut perjalanan karier Derije Kalezic sebelum bergabung dengan PSM Makassar

agreatportal.com, Pria yang memiliki nama lengkap Darije Kalezic ini telah resmi mengasuh klub Munafri Arifuddin sejak 2 Februari 2019. Namun pada bulan Desember, Pelatih PSM Makassar ini diterpa rumor kurang sedap. Kabar mengenai keterlambatan gaji dan perseteruan dengan anak asuhnya dikabarkan menjadi penyebab penurunan performa PSM Makassar.

Kalezic lahir di Swiss pada 1 November 1969. Sepak terjangnya di dunia sepak bola sudah dimulai sejak tahun 1987 sebagai pemain. Sedangkan karir sebagai pelatih sejak tahun 2006. Ia juga pernah memperkuat tim nasional Swiss sebagai pemuda kebangsaan Bosnia-Herzegovina.

Berikut fakta-fakta menarik Darije Kalezic sang pelatih PSM Makassar:

1.Karier bermain

Kalezic memulai kariernya sebagai pemain bola untuk klub-klub Bosnia. Berawal dari klub FK Velez Mostar. Lalu bermain untuk klub-klub pada Liga Belanda. Ia memiliki karier kurang gemilang sebagai pemain sepak bola hingga memutuskan gantung sepatu lebih dini.

Kalezic kemudian memulai kariernya sebagai pelatih untuk klub De Graafschap. Selama dua tahun, Ia melatih tim cadangan atau tim junior. Setelahnya dipromosikan sebagai asisten pelatih klub yang sama. Sempat ditunjuk sebagai manajer sementara menggantikan Henk van Stee yang dipecat pada 2009.

Pelatih PSM Makassar ini ditunjuk sebagai pelatih kepala saat De Graafschap mengalami degradasi. Namun, di bawah asuhannya klub Eredivisie mampu meraih gelar Eerste Divisie pada musim 2009-2010. Pada musim selanjutnya 2010-2011, klub ini kembali menoreh prestasi gemilang sebelum akhirnya Ia pamit undur diri.

Pelatih PSM Makassar
Fakta-fakta tentang pelatih PSM Makassar

2.Pindah ke Belgia

Setelah sukses bersama De Graafschap, Darije Kalezic pindah untuk melanjutkan karier di Belgia. Ia diangkat sebagai pelatih kepala klub Zulte Waregem pada Juni 2011. Tidak bertahan lama, Ia kemudian dipecat pada Desember 2011. Lantaran hanya mampu mengantar klub tersebut pada posisi ke empat belas di Liga Pro Belgia. Yang artinya dua strip di atas degradasi.

Pada Januari 2013, Pelatih PSM Makassar tersebut kembali bekerja setelah lama menganggur. Ia ditunjuk menjadi manajer klub Stockport County. Namun sama seperti sebelumnya, hanya bertahan sampai Maret 2013. Kalezic mengundurkan diri dengan persetujuan bersama secara baik-baik.

Klub selanjutnya adalah Jong PSV sebagai manajer. Ia berhasil membawa klub ini di posisi ke sepuluh pada 2013-2014. Saat itu adalah musim pertama klub asuhannya di Eerste Divise. Pada musim selanjutnya, Kalezic kembali mengantar klubnya pada posisi ke empat belas.

3.Bersama Pluim

Pada 2015 tepatnya di bulan Juni, Darije Kalezic bergabung dengan Roda JC sebagai manajer. Di klub ini, Ia dipromosikan selama dua tahun. Namun belum selesai masa dua tahun, di bulan Mei 2016 Ia kembali dipecat. Lantaran membuat komentar kritis terhadap Ton Caanen yaitu Direktur Teknis klub. Selama melatih, Ia berhasil membawa Roda JC ke posisi empat belas dan bertahan di Eredivisie.

Selama bergabung dengan klub Roda JC Kerkrade inilah, Darije Kalezic pernah bekerja sama dengan Willem Jan Pluim. Pluim adalah playmaker PSM Makassar saat ini. Sekarang mereka kembali bekerja sama sebagai pemain dan pelatih di klub bola berbeda dengan negara yang berbeda pula.

Masih di tahun 2016, Pelatih PSM Makassar itu segera mendapatkan klub baru pada bulan Juni. Namun kembali seperti sebelum-sebelumnya, Ia dipecat sebagai manajer klub Al-Taawoun Saudi Arabia pada Oktober 2016. Saat dipecat, Ia baru lima kali memandu pertandingan liga.

Sebelum bergabung dengan PSM Makassar hari ini, klub terakhir yang Ia manajeri adalah Wellington Phoenix. Selama Juni 2017 sampai Maret 2018, Ia bergabung dengan klub A-League Wellington Phoenix. Pemberhentian Darije Kalezic dikarenakan tidak tercapainya kesepakatan tentang kemajuan klub ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here