Fakta-fakta Unik tentang Jersey Persebaya

0
27
Persebaya dan fakta tentang jerseynya
Persebaya punya jersey seharga milik klub Eropa

agreatprotal.com, Berdiri sejak 18 Juni 1927 pernah sempat mengalami keterpurukan dengan degradasi pada peringkat 16 pada musim 2018. Bukan itu saja, Persebaya juga sempat tidak diakui oleh PSSI sementara waktu. Namun tetap saja permainan mereka selalu didukung penggemar setianya.

Persebaya merupakan klub sepak bola asal Surabaya yang dijuluki Bajul Ijo. Pada musim 2018 Persebaya menghebohkan jagat persebakbolaan soal jersey mereka. Lantaran dinilai harganya hampir menyerupai klub elite Eropa. Bonek Surabaya sebagai pendukung setia banyak yang melakukan protes dan kritik pedas akan tindakan manajemen Persebaya ini.

Berikut fakta-fakta unik tentang jersey Persebaya:

1. Jersey termahal di Indonesia

Persebaya membandrong jersey autentik mereka seharga 750 ribu rupiah. Harga ini menjadi yang paling mahal di Indonesia. Padahal klub-klub bola lain masih mematok harga di bawah 500 ribu rupiah. Sebut saja Persija dengan harga 450 ribu rupiah, Persib dengan harga 400 ribu rupiah, Arema dengan 375 ribu rupiah dan Bali United dengan harga 350 ribu rupiah.

Pihak manajemen klub melalui Chairul Basalamah mengungkapkan bahwa harga dibuat berdasarkan pertimbangan yang logis. Menurutnya, jersey mereka dibuat dari pabrik sendiri tanpa kerja sama apparel manapun. Sehingga mereka berhak mematokkan harga sendiri. Selain itu, mereka juga menyatakan bahwa jersey autentik mereka diproduksi menggunakan teknologi paling canggih di Indonesia. Sehingga sangat ringan dan nyaman saat dipakai.

Harganya dinilai hampir menyaingi harga jersey Eropa dengan kisaran harga satu juta sampai satu juta tiga ratus. Namun, sebenarnya Persebaya juga menjual versi lain dari jersey autentik, yaitu versi replika seharga 350 ribu rupiah dan versi supporter seharga 165 ribu rupiah. Masing-masing versi memiliki tipe, yaitu kids dan teens. Sehingga pembeli dapat memilih yang sesuai anggarannya masing-masing.

Jersey Persebaya Mahal
Jersey Persebaya dinilai paling mahal dari jersey klub-klub lainnya

2. Pembajakan jersey

Dampak negatif dari mahalnya harga jersey adalah terjadinya pembajakan. Saat ini seragam palsu sudah banyak tersebar di pasar-pasar Surabaya bahkan seluruh Jawa Timur. Tidak mengherankan, harganya yang murah membuat pembeli dengan senang hati membelinya.

Seragam bajakan tersebut dipatok dengan harga 35 ribu rupiah. Penjualannya banyak ditemui di pinggir jalan pada pedagang kaki lima. Meskipun pernah memergoki produsen pembajakan yang berada di kota Bandung, pihak Persebaya masih enggan melaporkannya.

Para produsen memang sangat mahir untuk membuat yang sama persis dengan aslinya. Namun, tetap saja tingkat kemiripan jersey hanya sampai pada versi replika. Pada jersey versi autentik perbedaan sangat jelas terlihat.

3. Persebaya store

Sejak musim 2017 tepat setelah diakui kembali oleh PSSI, Persebaya store resmi dibuka. Tujuannya adalah untuk memiliki took sendiri yang mempromosikan dan menjual barang-barang Persebaya.

Persebaya store telah memiliki 8 cabang di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Bonek tidak saja dapat membelinya secara langsung dengan pergi ke toko, mereka juga bisa memesan di situs resmi mereka.

Masalahnya masih sama seperti soal harga jersey. Barang-barang yang dijual juga memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan toko lainnya. Padahal barang-barang yang dijualkan sama, yaitu jersey, kaus, syal, topi, jaket, tas, stiker, dan lain sebagainya.

Manajer Persebaya yang sering disapa Abud ini mengatakan bahwa Persebaya store sebenarnya memiliki peran penting dalam menghidupi klub. Apalagi timnya tidak mendapatkan dana dari pemerintah dan hanya mengandalkan dana sponsor juga penjualan merchandise. Maka, ia berharap agar Bonek tidak salah paham dengan mengkitisi klub dengan sadis dan kejam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here