Efek Samping Laser Tatto Removal ala SehatQ.com

0
24
laser tatto removal

Tatto removal menggunakan teknik laser ini paling banyak dipilih. Menghapus tatto mengguanakn teknik laser ini yaitu melalui sinar laser yang akan memudarkan warna tinta dalam sel kulit. Teknik menghapus tatto sebenarnya banyak yaitu melalui operasi kecil, mengguanakan zat kimia, teknik dermabrasi, teknik salabrasi, serta menggunakan kain kasa yang direndam larutan garam.

Teknik menghapus tatto dengan laser memang merupakan pilihan karena mempunyai risiko paling sedikit. Sebelum memutuskan menghapus tatto maka seseorang harus mengetahui terlebih dahulu bahwa menghapus sesuatu di kulit yang bersifat permanen tentu akan meninggalkan bekas.

Yuk ketahui apa saja efek samping laser tatto removal.

1. Titik tatto yang dihapus dapat berisiko terjadinya infeksi pada kulitmu. Bekas luka juga sangat mungkin terjadi secara permanen.

2. Kemungkinan terjadinya risiko pada hipopigmentasi (kulit menjadi lebih terang dibandingkan kulit sekitarnya) atau juga terjadinya hiperpigmentasi (kulit lebih gelap dibandingkan sekitarnya).

3. Tatto kosmetik yaitu tatto pada garis bibir, eyeliner dan alis juga dapat menggelap setelah teknik menghapus dengan laser.

Saat ini laser merupakan produk digital yang sudah semakin canggih. Itu sebabnya teknik ini banyak dipilih untuk menghapus tatto, karena dianggap lebih efektif dan menimbulkan risiko paling sedikit. Meski begitu tidak ada yang bisa menjamin bahwa teknik ini tidak akan menyebabkan efek samping apapun. Pasalnya tiap-tiap kulit memiliki sensitivitas berbeda-beda.

Dalam beberapa kasus, zat tinta pada warna-warna tertentu lebih aman untuk digunakan dibandingkan dengan lainnya. Seperti warna biru gelap dan hitam, keduanya lebih mudah merespon sinar laser dan mudah pudar. Berbeda dengan warna-warna seperti merah, hijau atau kuning yang akan lebih sukar untuk dihilangkan.

Saat akan memutuskan untuk laser tatto removal, datanglah ke ahlinya yaitu dokter kulit. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya efek samping. Dokter akan berupaya untuk melakukan yang terbaik dalam penghapusan tatto.

Dalam melakukan teknik laser, dokter akan terlebih dahulu menyinari bagian kulit untuk melihat reaksi kulit terhadap sinar laser.  Kemudian setelah dirasa aman barulah dokter menyinari bagian yang bertatto, dan saat proses ini pasien mungkin akan merasakan panas seperti terkena percikan minyak panas.

Kemudian barulah dokter akan mengompres bagian bekas laser dengan es batu sehingga meringankan rasa sakit atau perih di kulit. Dokter kulit juga biasanya akan meresepkan krim antibiotik dan pelembab untuk mencegah terjadinya iritasi yang juga bisa mempercepat proses pemulihan kulit.

Selain teknik-teknik penghapusan tatto melalui sinar laser dokter juga akan menyarankan untuk pasiennya tidak terpapar sinar UV langsung pasca laser. Dokter akan meminta untuk membalut bekas laser dengan perban atau cara lainnya agar tidak terpapar matahari. Itu untuk menghindari iritasi dan hiperpigmentasi pada kulit yang di laser.

Ini merupakan informasi sekilas mengenai penghapusan tatto menggunakan teknik laser. Bagi pemilik tatto yang ingin menghapus tattonya baiknya tetap kunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi mencari saran yang tepat.

Seperti diketahu dan juga sudah sedikit dijelaskan bahwa setiap kasus atau pola tato berbeda cara penanganannya. Maka sebaiknya tetap percayakan pada dokter yang kompeten dan berpengalaman dalam menggunakan laser tatto. Memilih dokter yang berpengalaman juga mengecilkan risiko terjadinya hal-hal tak diinginkan loh teman-teman. Kamu bisa mencari rekomendasi dokter yang cukup dikenal melalui artikel, media sosial atau dari temanmu yang juga memiliki pengalaman menghapus tatto dengan laser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here