Biaya yang Dikeluarkan Untuk MotoGP di Indonesia

0
237
Sirkuit MotoGP Mandalika
Sirkuit MotoGP Mandalika (istimewa)

agreatportal.com – Mulai tahun 2021, Indonesia telah resmi menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan MotoGP. Ajang balapan MotoGP di Indonesia akan digelar selama 5 tahun kedepannya.

Berbagai persiapan sirkuit dan penunjang lainnya telah dilakukan untuk gelaran akbar yang berlokasi di Mandalika, Nusa Tenggara Barat tersebut.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang menjadi promotor tuan rumah Indonesia pun harus membayar kepada perusahaan induk MotoGP, yakni Dorna. Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer menyatakan bahwa pihaknya membayar 9 juta euro per-tahunnya, atau sekitar Rp 143 milliar.

“Kami bayar 9 juta Euro per-tahun, itu adalah biaya penyelenggaran. Sudah termasuk lisensi, copyright, jadi itu semua udah termasuk. Jadi kami taunya semuanya sudah beres, mereka akan mendatangkan timnya sendiri dari situ,” kata Mansoer.

“Dari situ juga ada beberapa ketentuan, kami punya hak atas beberapa hal, seperti broadcasting, merchandise, dan beberapa hal lainnya yang tidak bisa kami sebutkan,” lanjutnya.

Dia juga menargetkan ajang balapan MotoGP di Mandalika bisa digelar pada Maret 2021. Hal tersebut dikarenakan pada bulan Maret wilayah Lombok masih hijau, belum musim kering.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan bahwa pemerintah akan selalu mendukung penyelenggaraan ajang balapan tersebut. Dia mengatakan kepada seluruh penggemar MotoGP di Indonesia untuk bersabar hingga tahun 2021.

“Ini sudah menjadi kepastian, jangan lagi berpikir untuk nonton di negeri seberang. Sabar saja menunggu hingga 2021 nanti,” kata Imam Nahrawi, Senin (25/2/2019).

Beberapa penunjang untuk gelaran tersebut akan segera disiapkan, seperti pembangunan infrastruktur sirkuit.

“Kalau hingga Maret belum bisa diselesaikan, masih bisa di bulan Oktober untuk penyelenggaraan MotoGP,” ucap Mansoer.

Selain memprioritaskan mandalika menjadi tempat sport wisata, pemerintah akan berupaya agar Mandalika bisa menjadi salah satu sirkuit yang cukup baik seperti di Singapuran dan di Monaco.

“Presiden telah memprioritaskan Mandalika menjadi tempat sport wisata. Selain nanti ada MotoGP Indonesia, pastinya juga ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain-lain,” ucap Pramono Anung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here