Cara Perbaiki Kipas Angin Yang Mati Total Dengan Mudah

0
329
Cara Perbaiki Kipas Angin Yang Mati Total Dengan Mudah

Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang begitu penting. Khususnya bagi warga Indonesia yang tinggal di daerah yang beriklim tropis. Sebab hampir setiap hari cuaca terasa begitu panas dan selalu membuat tubuh terasa gerah. Tapi bagaimana jika kipas angin yang ada di rumah kita rusak, atau mati? pasti kita akan merasa repot. Nah, kami akan bagikan cara perbaiki kipas angin yang mati dengan mudah.

Punya kipas angin rusak mati atau putarannya lambat ? jangan di buat simak cara perbaiki kipas angin mati total atau putaran lambat dengan mudah, anda bisa mencoba nya sendiri di rumah dengan peralatan seadanya.  Jadi jangan khawatir jika suatu saat kipas angin di rumah anda rusak atau mati. Maka dengan cara perbaiki kipas angin ini anda bisa memperbaikinya sendiri.

Cara Perbaiki Kipas Angin Yang Mati Total Dengan Mudah

Rahasia Cara Perbaiki Kipas Angin Dengan Mudah

1. Kipas angin mati total

Jika menenukan kendala kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON dipencet, baling-baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya (seperti tidak ada arus listik yang masuk), untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power mungkin putus, cek tombol speednya, cek tombol timer bilak ada. Jika empat elemen berada dalam kondisi baik maka untuk langkah kedua, lalu cek motor kipas menggunakan multi tester. Mungkin saja gulungannya putus atau malah terbakar ini menjadi kemungkinan paling fatal.

2. Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri

Sebaiknya anda periksa bagian belakang motor kipas angin tersebut. Basanya ini terjadi karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo juga roda gigi yang kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.

3. Kipas angin tidak bisa berputar / berputar lambat

Bentuk bearing yang sudah rusak biasanya berwarna hitam seperti terbakar. Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Bila kedudukan ini tak bagus bisa dipastikan kipas angin nanti tidak bisa berputar baik atau bahkan tak bisa berputar sama sekali. Bushing yang mengalami kerusakan biasanya diakibatkan oleh kehausan. Disamping itu juga karena getaran yang keras.
Cara mengganti bushing kipas angin:
1. Buka semua cover atau penutup kipas.
2. Empat baut dibagian belakang yang berada di dekat kumparan dilepaskan.
3. Bushing yang rusak dikeluarkan dan diganti dengan bushing yang baru.
4. Jika ke empat baut sudah selesai dipasang kemudian dilanjutkan pasang baling-baling.
5. Coba dulu tes hidupkan kipas.
6. Jika sudah ok, pasang kembali semuanya.

4. Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan.

Motor kipas akan bergetar dan mengeluarkan seperti bunyi dengung say berada dalam posisi ON. Lalu baling-baling berputar dengan pelan atau tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Lebih dulu pastikan AS nya tidak macet danbila macet harus dibersihkan dulu. Selanjutnya pastikan antara as dengan bos bearingnya tidak kendor. Jika dua langkah sudah oke tapi tetap saja kipas angin tidak mau berputar maka gunakan langkah berikutnya seperti ganti kapasitornya yang tersedia dalam ukuran 1 mf, 1.5 mf danlainnya.

5. Kerusakan Kipas Lainnya

Sedangkan jika rusaknya kipas secara non teknis seperti, leher kipas angin patah, baling-baling pecah, dan lainnnya bisa diganti dengan spare part kipas yang sudah rusak. Anda bisa mendapatkan nya di tempat jual beli barang bekas yang jual kipas angin tidak hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here