Cara Mengajari Anak Bicara Dengan Jelas dan Cepat

0
218
Cara Mengajari Anak Bicara Dengan Jelas dan Cepat

Saat si kecil telah dilahirkan ke dunia ini, maka ia sudah belajar bagaimana caranya berkomunikasi. mulai dari ia menangis untuk mengekspresikan rasa tidak nyaman atau laparnya, sampai bisa berbicara. Bahkan sebelum si kecil mulai mengucapkan kata pertamanya. Ia sudah mendengarkan dan juga belajar dari semua orang yang ada di sekitarnya. Kami akan bagikan cara mengajari anak bicara meski ia masih kecil.

Ketika Anak mendengarkan seseorang saat berbicara dengan jelas. Maka ia akan menjadikan orang tersebut panutan dalam berbicara yang benar. Nah, ketika mereka berbicara, maka mereka akan berusaha membentuk perbandingan tersendiri dari apa yang mereka dengarkan. Bila mereka merasa telah mendengar hal yang sama ketika berbicara dengan apa yang mereka dengarkan dari role model mereka. Maka mereka beranggapan bahwa mereka sudah berbicara dengan benar.

Cara Mengajari Anak Bicara Dengan Jelas dan Cepat

Cara Mengajari Anak Berbicara Bahasa Yang Benar

Anak-anak akan menguasai suara lebih awal dibandingkan dengan orang yang lebih dewasa lainnya. Secara umum, inilah cara mengajari anak bicara, untuk mengukur sejauh mana perkembangan mereka:

  • Pada usia 2 tahun, seorang anak yang belum terbiasa dengan suara mereka. Setidaknya mereka harus bisa memahami sekitar 50% dari apa yang mereka katakan
  • Pada usia 3 tahun, seorang anak yang belum terbiasa dengan suara mereka, setidaknya mereka harus memahami sekitar 75% dari apa yang mereka katakan
  • Pada usia 4 tahun, seorang anak yang belum terbiasa dengan suara mereka, setidaknya mereka harus memahami sekitar 100% dari apa yang mereka katakan

Hal ini tidak lantas menyebutkan bahwa mereka akan berbicara dengan jelas 100%, atau sangat akurat. Anak usia 4 tahun sekalipun, mereka masih akan melakukan kesalahan saat mereka berbicara, tetapi orang lain di sekitar mereka sudah bisa memahami apa yang mereka ingin sampaikan.

1. Berbicaralah Lebih Banyak

Ajaklah anak Anda atau pasangan Anda berbicara lebih banyak. Bicaralah tentang berbagai macam hal, tentang apa yang Anda lakukan, apa yang dia lakukan atau mereka lakukan, tentang apa yang sedang Anda pikirkan dan rasakan, dan tentang apa yang sedang anak Anda rasakan dan pikirkan .

Semakin banyak anak Anda atau pun Anda yang memiliki gangguan dengar mendengarkan sebuah percakapan dengan jelas, semakin mereka terasah untuk mengucapkan kata-kata yang sama dengan jelas dan benar.

2. Membacakan anak cerita

Tidak ada kata terlalu dini bagi anda untuk membacakan cerita pada Si Kecil, bahkan bila dia belum bisa berbicara sekalipun. Bunda dapat memulainya dari membacakan buku sederhana yang lebih banyak terdapat gambar dibandingkan cerita. Disamping menjadi salah satu cara mengajari anak bicara, maka dengan mengenalkan buku sejak dini bisa mengembangkan kegemaran mereka membaca buku.

3. Bertanya

Bunda jangan merasa ragu untuk menunjuk serta bertanya pada Si Kecil mengenai benda yang bunda tunjuk. Seperti dengan menunjuk benda-benda seperti pohon, meja, bunga, daun, kopi,  kursi, pesawat terbang dan tanyakan pada Si Kecil, “Itu namanya apa, ya?” Tak lupa agar rajin mengunjungi museum dan juga kebun binatang supaya membuka cakrawala pengetahuan Si Kecil . Selain itu bisa  mengajari hal-hal baru.

Sebuah penelitian menyatakan bayi yang terlahir di keluarga yang banyak berbicara punya IQ lebih tinggi di usia 3 tahun dibanding yang keluarganya pendiam. Mulai dari sekarang kemampuan berbahasa anak haris dilatih dengan cara mengajari anak bicara sejak dini.

Jadi mulai sekarang ajaklah anak untuk berbicara meski ia belum bisa bicara dengan jelas. Sebab anak akan merekam apa yang ia dengarkan dan akan mencoba mengucapkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here