Cara Mengajar Anak SD Agar Bisa Semangat Dirumah

0
29
Cara Mengajar Anak SD Agar Bisa Semangat Dirumah

Ketika seorang guru dihadapkan untuk mengajar anakSD, maka ini menjadi salah satu hal yang menarik dan cukup menantang baginya. Apalagi bila dia merupakan seorang guru baru dan mempunyai pengalaman dan masih belum banyak tahu tentang cara mengajar anak SD dengan baik dan benar.

Pastinya guru harus tahu mengenai cara mengajar anak SD yang menyenangkan dan tak membuat mereka bosan. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa rentang usia anak SD yaitu 6-11 tahun. Dimana usia tersebut yaitu saat anak sedang senang- senangnya bermain. Oleh sebab itu, semua guru perlu menerapkan cara untuk membuat anak semangat dalam belajar.

Cara Mengajar Anak SD Agar Bisa Semangat Dirumah

Langkah dan Cara Mengajar Anak SD

Di bawah ini adalah 5 cara mengajar anak SD dengan metode yang menyenagkan.

1.Gunakan metode pembelajaran yang menarik

Pada dasarnya anak SD yang masih tergolong anak-anak akan lebih senang di berikan sebuah cara mengajari anak yang baru dimana dengan metode itu mereka merasa sedang bermain namu tidak terasa jika sedang belajar.

  1. Berikan mereka reward and punishment

Tentang bagaimana cara anda menggunakan reward and punishment. Suksesnya anak SD bisa tertarik dan larut dalam pelajaran kuncinya dengan memberikan mereka hadiah juga hukuman yang mendidik .

  1. Apersepsi sangat penting

Sebelum pelajaran dimulai sebaiknya perhatikan apersepsi yang tepat untuk mengaitkan materi ajar dengan kehidupan sehari- hari para siswa. Tentu mereka lebih tertarik jika di ajak belajar jika terdapat kaitan dengan aktifitas mereka sehari- hari.

4. Pemberian PR

Terkadang banyak guru SD yang salah kaprah dalam memberikan PR pada muridnya. Dengan tujuan agar sang murid terus belajar malah bisa menimbulkan anak-anak didik kita bermain sambil mengerjakan PR. Teknik jitu pemberian PR adalah dengan memberikan PR berbeda setiap kelompok siswa. Usahakan bagi mereka dalam kelompok sehingga mereka terbiasa bekerjasama dan saling membantu.

  1. Sikap sabar

Sabar bukan hanya harus dimiliki oleh guru yang mengajar di tingkat sekolah dasar. Tapi guru yang mengajar di sekolah dasar kebanyakan akan di latih kesabaranya. Sebab tugas mereka sangat berat. Guru SD adalah mereka yang mendidik dan membentuk karakter murid dimasa yang akan datang.

6. Menggunakan bahasa yang positif saat sedang mengajar

Gunakan kalimat dan kata-kata yang positif saat anda sedang mengajar di kelas. Usahakan untuk menghindari kata “jangan” pada setiap kalimat suruhan pada anak-anak. Anda dapat mengganti kata jangan dengan kalimat lainnya misalnya persiapkan alat tulis kalian, tutup pintu dengan pelan, dengarkan saat guru sedang berbicara, dan lain-lain.

7. Melakukan kontak atau komunikasi dengan para orang tua

Melakukan kontak dengan orang tua murid sesering mungkin, jika ada pertemuan antara guru dengan wali murid usahakan untuk selalu datang. Tunjukkan pada para orang tua bahwa anda ingin membina kerjasama yang baik dengan mereka dalam mendidik anak-anak.

Kendala Guru Saat Mengajar Anak SD

Di bawah ini adalah beberapa hambatan yang sering di alami beberapa guru SD saat mengajar di kelas:

  1. Susah dalam mengatur siswa
  2. Guru akan kesulitan dalam menertibkan siswa
  3. Susah menjalin komunikasi yang cepat
  4. Tidak sabaran
  5. Menguras tenga dan emosi
  6. Mengalami kendala dengan rewel dan bandelnya sang murid.

Hambatan dan masalah yang terjadi ini umum sekali, dan biasanya banyak dialami siswa baru kelas satu dan dua, tapi bila sudah masuki kelas 3 dan 4 sang siswa lebih mudah untuk diatur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here