Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya Dengan Mudah

0
82
Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya Dengan Mudah

Sebenarnya ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab kerusakan tv seperti ada suaranya tapi tidak ada gambarnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya? Bisakah anda perbaiki sendiri atau harus memerlukan jasa service TV?

Kerusakan ini sering terjadi kepada tv dengan model baru yang cukup bermerk. Entah kenapa kualitas tv sekarang tidak sebagus kualitas tv jadul. Tapi kerusakan tv bisa saja terjadi walaupun pada tv bermerk dan baru beli sekalipun. Memang tidaklah mudah mencari penyebab kerusakan dan cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya. Tapi jangan kuatir kali ini kami akan coba menjelaskan penyebab tv suara normal tapi tidak ada gambar sama sekali.

Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya Dengan Mudah

Seperti Ini Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Sebelum mengetahui cara memperbaiki TV yang hilang gambarnya, maka terlebih dahulu kita akan cari tahu penyebabnya. Diantaranya yang jadi penyebab adalah:

  • Kabel LVDS lepas atau belum terpasang
  • Supply tegangan tidak didapat T-Con dengan cukup yakni 12 volt
  • Fuse smd yang dalam board T-Con atau dekat konektor LVDS ini terputus
  • T-Con sudah rusak dan harus diganti
  • IC gamma AS-15 yang ada pada T-Con sudah rusak

Langkah Dan Cara Meperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Hasil dari diagnosa berbagai penyebab kerusakan, anda dapat langsung mengidentifikasi serta melakukan perbaikan. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki elektronik TV LED yang tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Silahkan disimak baik-baik.

  1. Pertama-tama cek tegangan power supply. Pastikan semua tegangannya normal
  2. Jika tegangan power supply normal, silahkan cek tagangan pada output driver LED
  3. Apabila normal, berarti anda bisa mengecek bagian lagi
  4. Namun apabila tegangannya nol, maka anda harus mengganti IC drivernya
  5. Biasanya setelah IC driver diganti, akan menunjukkan tegangan 50 volt
  6. Pastikan pula masakan layar blank bukan karena konektor yang kurang tertancap

Service TV Hilang Gambar Berdasar Blog yang Harus Dicurigai

1.Bersihkan mesin TV dari debu yang menempel pada spart part.
2. Amati solderan dan komponen, jika ada yang mencurigakan langsung di tangani. Untuk mengamati komponen usahakan agar mengamati pada bagian blog penyebab yang telah saya sebutkan di atas.
3. Langkah selanjutnya setelah melakukan pengamatan sekarang menginjak pada pengukuran tegangan. NamunĀ  sebelumnya pastikan heater dalam keadaan baik sebelum menginjak pada tegangan. Karena percumah, kita sudah muter-muter cek tegangan jika heater putus. Dan pastikan bahwa soket crt tidak berkarat jika perlu diganti terlebih dahulu. Siapa tahu hanya soketnya saja yang bermasalah.
Langkah pertama putar screen yang ada di flyback sedikit, klo ada sinar satu garis memanjang arah horizontal ini menandakan kerusakan pada rangkaian vertical. Apabila garis arah vertikal periksa blog horizontal.
teg grid 1 klo 0 volt coba ANDA ganti cap 102 /1,5 kv yang ke ground biasanya hilangnya tegangan G1 disebabkan kapasitor tersebut short.
periksa rangkaian ABL jika tegangan tidak ada bisa jadi ic CPU mati.
Periksa tegangan outpu regulator b+115volt biasanya elco kering meski kadang dari segi pengamatan elco terlihat normal.
Cek tegangan video 180V dari flyback biasanya di filter elco 10-22uf/250VDC. Kebanyakan kasus gambar gelap disebabkan oleh keringnya elco memfilter tersebut.
Sebenarnya masalah ini sangat mudah di tangani asalkan tau dari mana penyebab utama kerusakan hehehe. Jadi permasalahan yang terjadi pada TV terkadang masalah sama namun penanganan dan kerusakan berbeda. Apalagi masalahnya TV suara ada gambar tidak ada. Ini menandakan beberapa blog yang belum tentu pasti blog mana yang bermasalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here