Cara Membuat Pecel Ayam Ala Rumahan Lezat dan Nikmat

0
78
Cara Membuat Pecel Ayam Ala Rumahan Lezat dan Nikmat

Siapa diantara anda yang tak kenal dengan makanan pecel ayam ini? Kebanyakan orang sudah tahu makanan bernama pecel ayam ini. Dimana anda untuk dapat menikmati pecel ayam ini memang sangat mudah. Sebab banyak sekali pecel ayam ini dijajakan berjejer di pinggir jalan. Harganya juga sangat murah. Tapi ternyata anda bisa buat sendiri pecel ayam di rumah. Cara membuat pecel ayam sendiri bisa dilakukan dengan mudah.

Menu yang bernama pecel ayam mempunyai rasa yang sangat lezat, ditambah dengan sentuhan sambalnya membuat makanan ini menjadi sangat istimewa. Di dalam artikel kali ini kami akan bagikan cara membuat pecel ayam rumahan yang bisa anda buat di rumah untuk menu istimewa bagi keluarga. Jadi simak terus ulasan selengkapnya dalam tips membuat pecel ayam yang nikmat dan lezat.

Cara Membuat Pecel Ayam Ala Rumahan Lezat dan Nikmat

Ini Dia Cara Membuat Pecel Ayam Paling Lezat

Berikut ini adalah bahan dan juga cara lengkap membuat pecel ayam ala rumahan yang lezat dan juga nikmat. Simak selengkapnya di bawah ini:

Bahan-bahan antara lain :

  • Daging ayam negri bisa menggunakan bagian sayap, dada ayam, atau paha
  • Santan 300 ml
  • Lengkuas 1 ibu jari,kemudian memarkan
  • Daun salam 2 lembar

Bahan-bahan yang di haluskan :

  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Daun kemangi sebagai peelengkap
  • siapkan Garam secukupnya

Cara membuat pecel ayam antara lain :

  • Lebih dulu anda harus cuci potongan daging ayam supaya masih selalu terjaga kebersihanya. Sebab kebersihan adalah sebagian dari iman.
  • Masukkan semua bahan seperti daun salam, bumbu-bumbu halus dan juga lengkuas. Lalu masak dan aduk sampai mendidih.
  • Ayam yang sudah bersih anda masukan ke adonan yang sudah mendidih. Agar matang sempurna nyala api anda kecilkan.Tunggu smbil aduk dan olah  hingga bumbunya  itu mersap ke daging ayam sampai matang.
  • Goreng ayam sampai matang sempurna.
  • Terakhir langsung angkat masakan daging ayam yang telah matang  letakkan di piring saji. Masakan sudah matang dan siap untuk di hidangkan.

Tips Memilih Daging Ayam Segar

1. Periksa Warna Ayam

Pertama-tama, perhatikan warna daging. Sebaiknya ayam dengan warna pucat, dan mengkilap jangan anda pilih. Daging ayam segar memiliki warna putih keabu-abuan dan cerah atau cenderung mempunyai warna merah muda. Jika ayam mengkilap dan tidak dihinggapi lalat, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin.

2. Periksa Kemasan Ayam

Jika Anda membeli di supermarket, Anda tetap harus berhati-hati. Ayam potong yang dijual di supermarket selalu dibungkus plastik dengan rapi. Apabila plastiknya tidak lagi rapat, itu artinya telah disentuh oleh banyak orang dan sudah cukup lama ada di tempat tersebut.

3. Hindari Darah Ayam

Sebaiknya jangan gunakan ayam yang mempunyai banyak darah, sebab kondisi ayam memiliki beberapa indikasi. Seperti telah banyak disentuh banyak tangan, sehingga bakteri akan semakin banyak.

4. Periksa Tekstur Daging Ayam

Ayam yang baik dan segar, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula, terasa empuk. Apabila kulit ayamnya tenggelam dan cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar dan tentu saja tidak baik dikonsumsi. Apabila terasa kenyal, maka ayam tersebut dipastikan mengandung formalin, dan ayam yang terlihat membengkak juga dapat dipastikan telah disuntik.

5. Periksa Bau Ayam

Ayam yang segar seharusnya tidak memiliki bau, sehingga Anda akan tahu apakah ayam tersebut masih segar atau tidak dari adanya bau busuk atau tidak. Jika ayam tersebut berbau bahan kimia, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin atau bahan kimia berbahaya lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here