Cara Membuat Kulit Pastry Mudah, Cepat Anti gagal

0
253
Cara Membuat Kulit Pastry Mudah, Cepat Anti gagal

Melihat cara membuat kulit pastry atau puff pastry memang bisa menghabiskan banyak waktu. Akan tetapi hasilnya akan setimpal dengan apa yang sudah dilakukan. Bila Anda menggunakan resep yang membutuhkan puff pastry seperti Zupa soup, kue pie dan lain sebagainya dan Anda tidak mempunyai versi bekunya. Maka Anda dapat membuatnya sendiri.

Cara membuat kulit pastry ini bisa membantu anda untuk membuat puff pastry jadi lebih mudah. Resep ini juga akan memberi Anda pengetahuan dalam membuat puff pastry yang benar. Kudapan dari puff pastry memang disukai banyak orang. Baik itu dengan rasa manis atau asin. Disamping rasa yang gurih dari puff pastry, maka puff pastry tekstur renyah yang dilengkapi berbagai lapisan kulit tipis yang nanti hancur seketika saat digigit menjadi remah-remah.

Cara Membuat Kulit Pastry Mudah, Cepat Anti gagal

Cara Membuat Kulit Pastry Sederhana

Membuat puff pastry yang sempurna dengan lapisan-lapisan yang renyah di setiap lapisnya memang gampang-gampang susah. Orang akan lebih suka membeli kulit pastry langsung jadi ketimbang repot bikin sendiri. Tapi, meski demikian, bukan berarti membeli jadi hasilnya lebih enak, lho. Selain itu membuat puff pastry sendiri juga bukan sebuah hal mustahil. Jadi makin sering berlatih maka anda juga akan semakin mudah membuatnya. Sekarang sudah siapkah Anda membuat puff pastry sendiri di rumah?

Bahan-bahan

  • 250 ml air es
  • 500 gram terigu protein rendah
  • 20 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 gram korsvet
  • 15 gram garam
  • 50 gram margarin
  • Selai coklat kacang secukupnya
  • Kismis secukupnya
  • Gula pasir untuk taburan secukupnya

Cara Membuat

  1. Campur gula pasir, terigu dan garam di sebuah wadah yang bersih.
  2. Masukkan telur satu demi satu sambil diaduk lalu diremas-remas.
  3. Tuang air sedikit sedikit sambil diuleni semua adonannya.
  4. Tambah dengan margarin, uleni lagi hingga adonan cukup licin dan cukup agar nanti ditambah korsvet. Bungkus menggunakan plastik dan simpan beberapa saat dalam lemari es.
  5. Adonan dikeluarkan dari kulkas, lalu gilas menggunakan rolling pin. Letakkan korsvet pada bagian tengah adonan. Lipat menjadi bentuk amplop. Gilas lagi hingga tebalnya 1/2 cm.
  6. Adonan dilipat dari sisi kanan ke arah dalam hingga 2/3 bagian tengahnya. Lalu lipat sisi kiri ke arah dalam sebanyak sisanya. Gilas lagi, kemudian simpan dalam kulkas sepuluh menit. Sebanyak 3 kali anda lakukan atau lebih untuk memperoleh lapisan yang Anda kehendaki. Setelah itu, adonan siap dibentuk.
  7. Adonan digilas dengan tebal setengah centi, lalu potong-potong dengan bentuk persegi. Beri bahan isi di tengah, lipat dengan bentuk segitiga.
  8. Panggang adonan sampai matang setelah sebelumnya dipoles menggunakan kuning telur lalu diditaburi dengan gula pasir dan kismis yang ada di atasnya.

Tips Sukses Membuat Kulit Pastry

Selalu gunakan bahan yang masih fresh, khususnya untuk kuning telurnya, agar hasil puff pastry bisa bagus.

Perhatikan cara mencampur bahan. Campur bahan menggunakan mikser kecepatan paling rendah sebentar saja. Adonan dibungkus menggunakan plastik lalu simpan dalam lemari es.

Yang menjadi kunci suksesnya membuat puff pastry adalah  cara penggilingannya. Adonan puff pastry dipipihkan di bidang datar. Taburi tepung terigu supaya adonan tidak lengket. Gulung dengan rolling pin, lalu isi dengan korsvet atau mentega khusus pastry. Jangan terlalu kuat menggiling adonan. Sebab dapat membuat korsvet jadi pecah.

Jika sudah selesai digulung, puff pastry bungkus lagi dengan plastik. Simpan di lemari es beberapa jam. Supaya korsvet tetap padat, sehingga ia bisa bekerja maksimal saat dipanggang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here